ASAHAN-Terkait percepatan penanganan covid-19 di Wilayah Sumateta Utara, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melakukan vidio conferance dengan seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara (Sumut), Selasa (14/4/2020).

Dalam vidio conferance tersebut seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara mendengarkan himbauan, intruksi dan arahan dari Gubsu dalam percepatan penanganan covid-19 di Wilayah Sumut.

Gubsu mengatakan bahwa Pemerintah Provisi Sumatera Utara (Provsu) telah menyediakan Rumah Sakit untuk para masyarakat Sumut yang terkena covid-19 dan Provsu juga akan berusaha mendapatkan APD yang saat ini sulit untuk didapatkan.

"Kita Provsu akan berusaha memberikan hal yang terbaik bagi masyarakat Sumut dalam penanganan percepatan covid-19 di Wilayah Sumatera Utara," tegas Gubsu.

Selain itu Gubsu juga mengatakan Pemprovsu akan memberikan tambahan 100 APD kepada setiap Rumah Sakit yang menjadi Rumah Sakit rujukan disetiap daerah Kabupaten/Kota di Wilayah Sumut.

Kepada seluruh pihak Rumah Sakit Edy mengintruksikan agar melakukan pemakaman sesuai SOP Covid19, jika ada pasien covid-19 yang meninggal di Rumah Sakit tersebut.

"Kepada masyarakat saya menghimbau jika ada masyarakat yang meninggal karena covid-19 ini janganlah membuat sulit proses pemakaman tersebut dan kepada Kepala Daerah saya minta untuk bertanggungjawab dalam hal ini," tutur Gubsu.

Gubsu juga mengatakan saat ini dirinya lagi menunggu kedatangan rapid test yang nantinya akan diberikan kepada seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumut. "Setiap daerah akan kita serahkan rapid test sebanyak 1000 rapid test yang dipergunakan untuk antisipasi penyebaran covid-19 di wilayah masing-masing," ucapnya.

Selanjutnya Gubsu mengatakan untuk bantuan yang diberikan oleh APBN kepada para PKH dan para masyarakat yang terkena dampak wabah virus ini dipinta kepada Kepala Daerah agar jangan memberikan bantuan ini berupa uang tunai tetapi diganti dengan pemberian sembako sesuai dengan jumlah uang yang akan diterima sebesar Rp. 200.000,-.

"Khusus kepada Kepala Daerah saya intruksikan untuk mempeketat daerahnya masing-masing terkhusus kepada daerah perbatasan, pantau terus warga yang datang kewilayahnya," perintahnya.

Diakhir vidio conferance Gubsu berharap kepada masyarakat agar mematuhi himbauan yang diberikan oleh Pemerintah salah satunya dengan menggunakan masker dan mengajak masyarakat untuk bekerjasama dalam mengatasi wabah covid-19 ini dengan tidak saling menyalahkan satu dengan yang lain, karena saat ini semua lagi dalam keadaan sulit, dari itu Edy mengajak untuk saling bantu membantu satu dengan yang lain untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Sumut.*