SAMOSIR-Pemerintah Kabupaten Samosir dalam upaya pencegahan dan penanganan meluasnya wabah Covid-19, melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadrianus Sinaga, telah menerima dukungan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker dari Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) untuk tenaga medis, Senin (13/4/2020).

Penyerahan sebanyak 25 APD dan 204 masker oleh tim KMDT yang dipimpin Bolusson Pasaribu, diterima langsung Direktur RSUD Hadrianus Sinaga, dr Friska Situmorang dan disaksikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan informatika yang sekaligus juru bicara gugus percepatan penanganan wabah Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara.

Bolusson menjelaskan, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian putra Samosir dalam tindakan untuk mencegah dan menangani wabah Covid-19.

“Secara keseluruhan, kami akan mendistribusikan 3000 (tiga ribu) masker untuk Kabupaten Samosir. Selain Samosir, KMDT juga akan mendistribusikan APD dan masker di Kabupaten Tobasa, Humbahas, dan Tapanuli Utara," paparnya.

Sementara itu, dr Friska Situmorang menjelaskan, sejauh ini telah menerima dukungan serupa dari berbagai elemen masyarakat baik entitas maupun pribadi seperti Partai Nasdem, Komunitas Samosir Maju (KSM), Human Initiative (HI), Martin Manurung, Edison Center, dan Institut Teknologi Surabaya (ITS).

“Disamping upaya-upaya intensif yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Samosir, kami berterima kasih atas partisipasi elemen masyarakat mendukung tugas-tugas tenaga medis dalam tindakan medis dan mari saling mendukung, agar Samosir tetap zero Covid-19," ucap Friska Situmorang.