SIMALUNGUN-Dinas Kesehatan Simalungun melalui Puskesmas Tiga Dolok melakukan Rapid Test kepada warga Dusun Bangun Pahu, Nagori Gunung Mariah, Kecamatan Dolok Panribuan, Senin (13/4/2020) sekira jam 10.30 WIB.

Kepala Puskesmas Tiga Dolok Riona Damanik kepada media ini mengatakan sebanyak 68 orang warga telah menjalani Rapid Test, dan kita akan kirimkan ke Tim Gugus Kabupaten.

"Terkait hasilnya itu wewenang Tim Gugus Covid- 19 Kabupaten nantinya yang akan mengumumkan, kita hanya mengadakan Rapid Testnya, namun untuk hasilnya itu wewenang Tim Gugus Kabupaten yang mengumumkan. Adapun tujuan Rapid Test yakni sebagai screning awal pemerikasaan anti body, "jelas Riona.

Sementara itu Camat Dolok Panribuan Septiaman Purba mengatakan digelarnya Rapid Test di dusun Bangun Pahu, Nagori Gunung Mariah berawal dari adanya salah seorang warga yang saat ini dirawat di RS Parapat. "Jadi biar tidak menimbulkan kepanikan bagi warga kita adakan Rapid Test, "ungkap Camat.

Camat menambahkan pihak sudah menyampaikan kepada Para Pangulu agar membentuk tim tanaggap covid- 19 dengan mengadakan posko dimasing-masing Nagori , dan kepada para pedagang/ pelaku usaha juga sudah kita himbau agar menyediakan tempat mencuci tangan.

"Kita juga sudah beberapa kali mengadakan penyemprotan cairan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona khususnya diwilayah Kecamatan Dolok Panribuan, "katanya.

Sementara itu Pangulu Nagori Gunung Mariah Juara Manurung mengapresiasi pihak Dinkes yang telah mengadakan Rapid Test bagi warganya. Kita tentu berterima kasih kepada tim kesehatan yang telah mengadakan Rapid Test ini, sehingga warga tidak terlalu panik lagi.

"Kita berharap jangan sampailah ada warga yang terpapar virus corona, dan saya juga sudah bentuk tim tanggap covid-19 di Nagori Gunung Mariah, "katanya.