MEDAN - Untuk menambah kenyamanan bagi jamaah dalam melaksanakan ibadah terlebih menyambut Puasa Ramadhan 1441 Hijriah, 1 unit Adsorbent Chamber (Bilik Sanitizer) Filler Metamaterials Organik, dipasang dipintu Masjid Al-Musabbihin Komplek Perumahan Setiabudi Indah (Tasbih) Medan, Sabtu (11/4/2020).

Chamber dengan filler metamaterials organik tersebut, menggunakan antiseptic dari bahan alami temuan Dosen/Peneliti Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sumatera Utara (USU) Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si.

Hadir saat pemasangan Chamber filler organik, Pengurus Ikatan Keluarga Muslim Komplek Perumahan Tasbih (IKMT) diwakili Syaiful, Imam Masjid Al-Musabbihin Ustadz Abdul Rahman Jamil, Ketua Umum Persatuan Pengamal Tarekat Islam (PPTI) Sumatera Utara Tuan Sutan Jalaluddin Siregar SH, mewakili Owner Hotel Grand Kanaya Medan Jamaluddin dan jamaah Masjid Al-Musabbihin Tasbih.

Imam Masjid Al-Musabbihin Ustadz Abdul Rahman Jamil menyambut baik bantuan Bilik Sanitizer dari donatur. "Ini bagus sekali fasilitas dan manfaatnya kepada seluruh jamaah Mesjid Al-Musabbihin pada pelaksanaan Sholat jamaah 5 waktu setiap harinya, terlebih lagi dalam menjelang Ramadhan nanti dapat dipergunakan sebaik mungkin fasilitas ruang adsorbent filler organik ini," tuturnya.

Begitu juga Syaiful atas nama jamaah mengucapkan terimakasih kepada donatur yang telah memasang Bilik Sanitizer di Masjid Al-Musabbihin. "Ini menambah kenyamanan dan kekhusyukan kami dalam beribadah. Semoga bantuan ini menjadi amal jariah bagi donatur," tutur Syaiful yang dalam perawatan dan isi ulang bahan Metamaterials organik Bilik Sanitizer akan berkoordinasi dengan Muhammad Sontang Sihotang.

Di sela pemasangan Bilik Sanitizer di pintu Masjid Al-Musabbihin Komplek Tasbih, Inventor Muhammad Sontang Sihotang menjelaskan, bahan antiseptic yang disemprotkan ke dalam bilik menggunakan bio metamaterials organik alami tanpa bahan kimia sehingga sehat untuk tubuh namun mampu menyerap berbagai bakteri dan kotoran, termasuk antisipasi Coronavirus atau Covid-19.

Sementara Ketua Umum PPTI Sumut Tuan Sutan Jalaluddin Siregar menambahkan, chamber filler organik tersebut sangat tepat ditempatkan di pintu-pintu masjid sehingga dapat menambah perlindungan dan kenyamanan jamaah untuk melaksanakan ibadah di masjid.

"Para pengurus Badan Kenaziran Masjid (BKM) sudah waktunya menggalang donasi untuk pengadaan Bilik Sanitizer untuk kemashlahatan jamaah dalam menghadapi wabah Covid-19, terlebih menjelang Puasa Ramadhan 1441 Hijriah," tutur Jalaluddin pensiunan PNS Kantor Gubsu itu.

Bagi BKM maupun Kantor-Kantor yang ingin memasang Bilik Sanitizer ramah lingkungan dapat menghubungi Muhammad Sontang Sihotang dinomor Hp/WA 081214896742 atau Tuan Sutan Jalaluddin Siregar dinomor 081370315434 dan Mas Bowo 081263718995.***