ASAHAN-Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan Tim Gugus Tugas Penaganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Asahan Kembali lakukan pengecekan suhu tubuh dan seterilisasi kepada 17 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Asahan dan 2 TKI yang berasal dari Kabupaten lainnya yang baru saja kembali dari Malaysia bertempat di Area Kolam Renang milik Pemkab Asahan tepatnya di Kelurahan Dadi Mulyo, Jln Ir. Sutami, Jumat (11/4/2020), Pukul 24.10 Wib.

Sebelum tiba di Kabupaten Asahan, 19 TKI ini translate di Bandara Kualanamu Internasional (KNIA) Medan dan pada saat dibandara tersebut para TKI di periksa juga suhu tubuhnya dan diseterilkan oleh pihak Bandara KNIA, Sementara 5 orang lagi Tiba dari Dumai dengan menggunakan angkutan umum.

Sesampainya di Kabupaten Asahan Tepatnya di Kolam Renang Jln. Ir. Sutami, Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Asahan juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh kembali dan seterilisasi kepada 19 orang TKI asal Asahan yang baru pulang dari Malaysia.

Ketua Tim Gugus Tugas yang Diwakili Asisten I Pemerintahan Jhon Hardi Nasution menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terhadap TKI yang Tiba pada Malam itu tidak ditemukan Gejala Covid 19, namun demikian Tim Gugus Tugas akan tetap melakukan pengawasan serta isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari kedepan.

"19 orang TKI ini berasal dari 7 dan 2 Kabupaten lain yaitu Kecamatan yakni 3 orang Kecamatan Simpang 4, 4 orang Kecamatan Meranti, 2 orang Kecamatan Tanjuy Balai, 1 orang Kecamatan Ai Batu, 1 orang Kecamatan Pulo Bandring, 1 orang Kecamatan Pulau Raja, 5 orang dari Kecamatan Air Joman, 1 orang dari Tangga Bosi, Kecamtan Siabu, Kabupaten Madina dan 1 orang dari dusun 6 Desa Galang, Kabupaten Deli Serdang," jelas Jhon Hardi.

Lebih lanjut Jhon Hardi mengatakan, nantinya para TKI ini akan diserahkan kepada Camat setempat untuk didata lebih lanjut dibantu dengan Unsur Forkopimcam dan diharapkan kepada para TKI ini dapat mengisolasi dirinya secara mandiri dengan diawasi oleh Tim Gugus Tugas yang ada di Kecamatan Masing-masing sesuai dengan SOP.*