MEDAN-Di tengah pandemi Covid-19, PT Saka Mitra Sejati (SMS), salah satu anak usaha PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (Kode Saham Bloomberg: IKAI IJ) terus menunjukkan upaya yang berkelanjutan untuk berjuang melalui pandemi.

Saat ini perusahaan, melalui salah satu jaringan hotel mereka, Hotel Swiss-Belinn Gajahmada-Medan merilis paket khusus bagi mereka yang membutuhkan fasilitas isolasi diri. Paket khusus ini akan menyediakan comfort distancing bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dan keamanan di tengah pandemi. Saat ini terdapat beberapa hotel di Medan yang ditutup sementara akibat dampak dari situasi pandemi ini.

Namun ditengah kondisi seperti ini, perusahaan melihat adanya peluang untuk mempertahankan laba dan operasional bisnis yaitu dengan menawarkan paket khusus. Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif potensi bisnis untuk dapat beradaptasi di tengah periode yang menantang. Selain itu, dengan adanya penawaran khusus ini, perusahaan secara tidak langsung membantu pemerintah mendorong self distancing.

Dengan perencanaan yang matang, perusahaan telah menyiapkan sejumlah kamar yang diperuntukkan khusus bagi mereka yang masih dalam kondisi sehat namun masih disarankan untuk menjaga jarak untuk pemeriksaan lebih lanjut. Untuk memastikan keselamatan semua anggota staf, perusahaan akan mengikuti semua panduan isolasi diri yang diberlakukan oleh Departemen Kesehatan.

"Kami akan menerapkan prosedur-prosedur operasional tertentu untuk menghindari risiko-risiko yang muncul. Secara keseluruhan kesehatan dan keselamatan staf hotel dan tamu kami akan tetap menjadi prioritas tertinggi kami." kata Direktur Utama dari PT Saka Mitra Sejati, Ahmad Sayuki Anas melalui keterangan tertulisnya, Jumat (10/4/2020).

Lebih lanjut, perusahaan telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara untuk memberikan pelatihan kepada staf hotel dengan seperangkat protokol yang sesuai sebagai bentuk upaya pencegahan dan peningkatan perlindungan keselamatan. Dalam hal ini staf hotel akan memberikan bantuan dalam mengatur transfer medis ke rumah sakit mitra apabila untuk tamu apabila diperlukan.

Penawaran spesial ini akan dimulai dari 6 April 2020 hingga 29 Mei 2020, dengan harga mulai dari Rp 590.000,- per malam dengan full board meal. Perusahaan akan memberikan kenyamanan dalam lingkungan yang aman karena makanan akan disajikan di dalam ruangan dan semua fasilitas publik akan ditutup untuk meminimalisir kontak.

Paket ini hanya tersedia bagi mereka yang telah diuji negatif tetapi masih disarankan untuk melakukan isolasi sendiri dan surat resmi dari rumah sakit akan diperlukan.

Sebagai kesimpulan, Ahmad Sayuki Anas menuturkan bahwa pihaknya mengakui bahwa situasi ini telah membawa tekanan pada bisnis perhotelan khususnya di Medan. "Namun, kami akan terus mencari alternatif-alternatif peluang bisnis untuk melewati tantangan ini dan mengubah situasi ini menjadi peluang yang dapat membantu kami mempertahankan bisnis kami seperti biasa," pungkasnya.*