TOBA-Dunia internasional pada dekade ini sedang meregang akibat terpaan bencana Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).diberbagai negara belahan dunia telah banyak menelan korban nyawa, bahkan telah menewaskan Puluhan Ribu manusia di beberapa negara.

Oleh badan kesehatan Dunia di PBB World Healty Organization (WHO) telah menetapakan Corona Virus Desease 2019 menjadi Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dan di NKRI ditetapkan menjadi Bencana Nasional Non Alam.

Dan saat ini di NKRI telah menelan korban Ribuan Jiwa dan yang meninggal Ratusan Jiwa akibat terpapar Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang kian hari sesuai Data Badan Penanggulangan Bencana Nasional masih bertambah setiap harinya yang menandakan bahwa Corona Virus masih terjadi penularannya di masyarakat.

Guna untuk membantu pemerintah dalam upaya percspatan penaganan pencegah penyebaran serta untuk memutus mata rantai penularan Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di wilayah Tapanuli, PT. Toba Pulp Lestari,Tbk kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Pemerintah Kecamatan.

Kepedulian Perusahaan akan keselamatan masyarakat, PT.TP,Tbk melalui Estate Habinsaran memberikan bantuan fasilitas cuci tangan lengkap dengan perlatannya sebanyak 39 wastafel untuk 13 Desa dengan pembagian 3 wastafel untuk 1 desa.

Bedman Ritonga Humas TPL Estate Habinsaran kepada wartawan menjelaskan, bantuan fasilitas cuci tangan berupa wastafel dengan perlengkapannya oleh PT.TPL,Tbk melalui Estate Habinsaran diberikan kepada 4 Kecamatan yakni Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara (TAPUT), Kecamatan Laguboti, Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Borbor Kabupaten Toba.

Lanjut Bedman, 39 buah wastafel yang telah dilengkapi dengan fasilitas cuci tangannya didistribusikan kepada 13 Desa di 4 kecamatan di 2 Kabupaten (Kabupaten TAPUT dan Kabupaten Toba) sebagai wilayah Estate perusahaan pada Estate Habinsaran. "Pemberian bantuan sebagai wujud kepedulian perusahaan akan keselamatan warga desa dari keganasan Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang saat ini sedang menerpa dunia Internasional hingga ke NKRI," ungkap Bedman.

Kepala Desa Pardomuan Kecamatan Laguboti Hendri Pangaribuan saat menerima bantuan menyampaikan apresiasinya, kepedulian PT.TPL,Tbk untuk percepatan penaganan pencegahan serta untuk memutus mata rantai penularan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di masyarakat sangat baik.

Ditegaskan Henri, warga desa Pardomuan Kecamatan Laguboti sejumlah 296 jiwa dari 165 KK telah merasakan bantuan PT. TPL,Tbk ditengah terpaan badai Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non Alam yang saat ini mengancam keselamatan nyawa seluruh manusia di seantero penjuru jagad raya dunia ini.

“Wastafel lengkap dengan fasilitasnya" yang diberikan perusahaan saat ini melalui Estate Habinsaran adalah bantuan PT.TPL,Tbk yang kesekian kalinya. " Setelah sebelumnya TPL telah memberikan bantuan cairan disinfektan bagi desa kami”.dengan bantuan yang telah diberikan oleh perusahaan PT.TPL,Tbk kita harapkan akan mampu mencegah dan memutus mata rantai penyebaran/penularan Covid-19 di desa kami ini,” ujarnya.

Yuki br Napitupulu Bidan Desa Pardomuan kepada wartawan mengungkapkan rasa gembiranya. "Dengan bantuan yang diberikan oleh Perusahaan tentunya kami dalam menjalankan tugas sudah sangat terbantu atas bantuan yang diberikan oleh TPL.dimana saya sebagai penanggung jawab pos pemantau penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di desa Pardomuan.denganbatuan wastafel yang diberikan saqt ini melengkapi bantuan cairan disinfektan yang sebelumnya telah diberikan PT.TPL,Tbk. Dalam pemantauan yang kami laksanakan hingga saat ini Rabu,08/04/2020 “sudah 1.438 orang yang telah kami periksa di posko ini, setiap warga yang mau masuk ke desa Pardomuan harus kita periksa terlebih dahulu di posko ini,“ terang Yuki.

Dengan fasilitas cuci tangan Wastafel yang diberikan perusahaan PT.TPL,Tbk akan digunakan oleh semua orang yang akan masuk ke desa untuk membersihkan tangan.sementara cairan disinfektan yang sebelumnya telah diberikan oleh PT.TPL,Tbk disampaikan Yuki digunakan untuk menyemprot jalan dan areal publik di desa Pardomuan serta menyemprot semua kendaraan yang akan masuk ke desa Pardomuan.