MEDAN - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan saat ini sangat membutuhkan alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis sekaitan dengan pandemi Covid-19 yang melanda tanah air. "Secara prinsip, (ketersediaan APD di) rumah sakit kurang, karena memang pembeliannya saat ini sulit. Untuk itu, kami harap donatur yang memiliki akses dapat menyalurkan misalkan masker N95 dan masker biasa, kacamata google, space hill (penutup mata), handscoon (sarung tangan), kaos kaki dan sepatu dan baju astronot," ujar Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin, Rabu (8/4/2020).

Edison juga menjelaskan, kondisi ini harus diantisipasi khususnya untuk kebutuhan di pelayanan ruang isolasi Covid-19 dan petugas IGD.
"Barang-barang untuk kebutuhan ini, karena memang kita memiliki peralatannya, sebagian besar kita sterilkan, didaur ulang dan dipakai kembali. Tapi kalau yang lebih baik itu seharusnya, sekali dipakai langsung dibuang," bebernya.

Makanya, pihaknya melakukan pensterilan alat tersebut ke Instalasi Central Sterile Supply Department (CSSD).

"Untuk itu kami harap kepada bapak/ibu dan dermawan bisa untuk (menjadi) donatur (pembelian) APD di Pirngadi. Biar petugas di sini bisa lebih savety melaksanakan tugasnya dan tidak was-was menjalankan tugas demi pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya.