SAMOSIR-Bupati Samosir Rapidin Simbolon groundbreaking proyek pembangunan Rumah Susun (rusun) para tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadrianus Sinaga, senilai Rp 17.946.287.000,00 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2020, Rabu (8/4/2020) di Pintusona. Rusun paramedis ini dikerjakan oleh PT Sogos Karya Sabungan selaku pelaksana pengerjaan.

Pada peletakan batu pertama berlangsung, mewakili tokoh masyarakat, Jabarang Simbolon menyampaikan sejarah dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan RSUD Hadrianus Sinaga pada tahun 1956 untuk meningkatkan layanan kesehatan dan berharap pembangunan dapat terus dilanjutkan untuk pengembangan RSUD Hadrianus Sinaga kedepan.

Pada kesempatan itu, pihak PT Sogos Karya Sabungan yang diwakili oleh Sonni Golfried Silalahi menyampaikan, pihaknya akan berupaya menyelesaikan pembangunan dalam waktu 7 (tujuh) bulan.

"Kita akan upayakan pembangunannya tuntas selama 7 bulan, sehingga dapat segera digunakan bagi medis dan paramedis untuk meningkatkan layanan kesehatan di Kabupaten Samosir," ujar Sonni.

Atas pelaksanaan groundbreaking, Rapidin Simbolon menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan RSUD Hadrianus Sinaga sejak tahun 1956 hingga sekarang.

"Kiranya Tuhan memberkati masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan RSUD Hadrianus Sinaga ini dalam kesatuan hati dan tenaga dengan Pemerintah Kabupaten Samosir," ucap Rapidin.

Rapidin mengungkapkan, sebelum pembangunan ini, Pemerintah Kabupaten Samosir telah mengadakan komunikasi dengan Kementerian PUPR tentang kebutuhan pembangunan rumah susun tahun 2020 dan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehentif (PONEK) tahun 2021.

“Tenaga dokter telah ditambah. Oleh karena itu, fasilitas tempat tinggal mereka juga perlu disiapkan. Jadi, kalau tempat tinggal medis sudah dekat dengan rumah sakit, kita harapkan kinerja para tenaga medis dapat ditingkatkan," ujarnya.

Didampingi Wakil Bupati Juang Sinaga, Ketua DPRD Samosir Saut Tamba, Sekretaris Daerah Jabiat Sagala, pimpinan SKPD, Direktur RSUD Hadrianus Sinaga Friska Situmorang, Rapidin juga menyampaikan, pembangunan rumah susun akan diintegrasikan dengan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Samosir dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat akan layanan fasilitas kesehatan.

Karena pembangunan rusun itu berlangsung ditengah pandemi Corona, Rapidin meminta para pekerja agar tetap menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah.

"Kiranya Tuhan menyertai pembangunan rumah susun RSUD Hadrianus Sinaga bagi medis dan paramedis hingga selesai dan dapat dirasakan masyarakat dampaknya dalam layanan fasilitas kesehatan," tutup Rapidin Simbolon.