SIMALUNGUN-Pemerintah Nagori Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun melakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada para pengendara motor dan rumah-rumah warga guna mencegah penyebaran virus corona (Covid- 19) yang saat ini sedang mewabah dibeberapa wilayah Indonesia.

Penyemprotan cairan disinfektan tersebut langsung dipimpin Pangulu Nagori Tiga Bolon Marisno Sitio didampingi Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pengurus Karang Taruna Simalungun, Ikatan Pemuda Karya dan Pemuda Lira, pihak PTPN IV, Kecamatan Sidamanik, Selasa (7/4/2020) sekira jam 11.00 WIB.

Marisno Sitio mengatakan kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini sedang mewabah di Wilayah Indonesia. Kita berupaya mencegah agar Covid- 19 bersih dari wilayah Nagori Tiga Bolon.

Pemerintah Nagori Tiga Bolon juga sudah membentuk Tim Tanggap Covid-19 Nagori Tiga Bolon dimana nanti tugas tim tersebut tanggap terkait pencegahan virus corona seperti pendataan warga yang baru datang dari luar daerah maupun luar negeri agar segera dilaporkan kepada aparat desa untuk selanjut disampaikan kepada pihak dinas kesehatan melalui Puskesmas. Didepan Kantor Pangulu juga sudah kita sediakan tempat mencuci tangan bagi siapapun yang ingin berkunjung ke Kantor Pangulu, "ungkapnya Marisno.

Kepada pihak yang turut membantu seperti Karang Taruna, Ikatan Pemuda Karya dan Pemuda Lira, serta pihak PTPN IV unit Bah Butong kita sangat apresiasi keterlibatan mereka dalam upaya pencegahan virus corona ini. Kepedulian untuk pencegahan penyebaran virus corona ini memang harus menjadi tanggung jawab bersama.

"Saya juga himbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker jika bepergian dan membatasi kegiatan keluar daerah seperti himbauan dari Pemerintah Pusat serta Bupati Simalungun, "tandas Marisno.

Senada Ketua Pemuda Lira Kecamatan Sidamanik Harun Sidabalok mewakili organisasi Kepemudaan menyampaikan kegiatan penyemprotan disinfektan sangat penting dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona khususnya diwilayah Nagori Tiga Bolon. Kita siap membantu Pemerintah dalam pencegahan virus corona ini, "ujarnya.

35 OTG OPD NIHIL

Terpisah Kepala Puskesmas Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik dr.Sorta Tinambunan mengatakan hingga saat ini diwilayah Kecamatan Sidamanik warga status Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 35 orang, dan warga status Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak ada.

Hingga saat ini status ODP covid- 19 diwilayah Sidamanik tidak ada, hanya status OTG ada 35 orang yang datang dari luar daerah. dan setelah kita periksa kondisi kesehatan mereka dalam keadaan baik. Kita juga sudah berkoordinasi dengan para Pangulu agar segera memberitahukan ke pihak Puskesmas bila ada warga yang baru datang keluar daerah untuk segera diperiksa kondisi kesehatannya, ungkap dr.Sorta.