SAMOSIR-Guna terus mengantisipasi penularan Corona virus disease (Covid-19), Pemerintah desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan akan mengisolasi bilamana ada pendatang baru.

Kepala Desa Siopat Sosor Edison Turnip, kepada GoSumut, Senin (6/4/2020) menyebutkan, penyemprotan disinfektan, selain upaya terus mencegah penyebaran Corona, juga untuk memedomani instruksi Ketua gugus kendali Covid-19, Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

"Penyemprotan disinfektan seperti hari ini, akan terus kita lakukan satu kali dalam seminggu untuk sebanyak 250 Kepala Keluarga (KK) guna mencegah penularan atau penyebaran virus Corona dan memedomani instruksi Bapak Bupati Samosir," kata Edison.

Selain melakukan penyemprotan, ia juga menyampaikan, walau sampai kini belum ada baik ODP dan pendatang baru (warganya yang selama ini sekolah diluar daerah dan perantau) di desanya, namun pihaknya akan tetap melakukan pemantauan.

"Sejauh ini memang belum ada baik ODP di desa kita. Dan bilamana nanti ada anak sekolah atau perantau kita yang pulang, akan kita isolasi. Kita manfaatkan rumah kosong sebagai tempat isolasi. Bila ia datang dari zona merah, kita akan isolasi lebih dari 14 hari," ujarnya.

Penyemprotan disinfektan seperti hari ini, dilakukan secara rutin bersama masyarakat setempat bahu membahu hingga tuntas dan langsung dikoordinir Camat Pangururan, Bresman Simbolon.

Sesuai arahan Ketua gugus kendali Covid-19 Kabupaten Samosir, Rapidin Simbolon kepada para Satuan Tugas (satgas) Kabupaten, Kecamatan dan Desa dalam pencegahan penularan virus Corona, agar tetap semangat dan saling memberi informasi.