MEDAN merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara yang terkenal dengan keindahan panorama alam dan juga kudapan khasnya yang memanjakan lidah. Terdapat banyak sekali kuliner khas Medan yang bisa kamu coba untuk menuntaskan rasa laparmu. Penasaran apa saja kudapan khas Medan dan dimana kamu bisa menjumpainya? Simak rekomendasi berikut ini!

Kuliner khas Medan

Medan memiliki banyak kudapan khas, mulai dari makanan berat hingga jajanan ringan. Jika kamu sedang wisata kuliner Medan, berikut daftar kudapan yang bisa kamu coba.

Lontong Medan

Ketika bertandang ke Medan, belum lengkap rasanya jika kamu belum menyantap nikmatnya Lontong Medan. Kamu bisa menemukan rekomendasi lontong Medan pada halamankuliner Medan di Traveloka. Lontong Medan disajikan dengan dominasi cita rasa pedas gurih sehingga cocok disantap hangat untuk sarapan.

Di sudut-sudut kota Medan kamu akan mudah menjumpai tempat makan yang menjual kudapan ini. Salah satu yang terkenal adalah Lontong Kak Lin yang berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan. Di sini kamu bisa memesan satu porsi lontong medang dengan harga dibawah Rp50.000.

Lontong medan berisi lontong, mie, tauco, sambal teri kacang, bumbu kacang, dan disiram kuah sayur. Biasanya untuk topping bisa ditambah dengan kerupuk renyah, telur, dan perkedel. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Mie Gomak

Mie gomak terkenal sebagai spaghetti ala tanah Batak dengan cita rasa lokal yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Asal muasal kuliner Medan terkenal ini berasal dari wilayah Balige di tepian Danau Toba. Namun kudapan lezat ini sudah dapat kamu temui dengan mudah di Medan.

Pasar Balige merupakan salah satu tempat spesial yang menjajakan mie gomak. Kamu bisa berkunjung langsung ke Jalan Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige, Toba Samosir. Kudapan lezat ini terdiri dari mie besar yang disajikan langsung dan juga bisa diguyur kuah lontong atau bumbu kacang. Kamu bisa memakan satu porsi dengan harga mulai dari Rp5.000.

Soto Medan

Apakah kamu sudah tahu apa ciri khas utama yang membuat soto medan istimewa dibandingkan dengan jenis soto lainnya di Nusantara? Kuliner Medan wajib dicoba yang satu ini identik dengan kuah santan yang berwarna kuning kehijauan. Cita rasa khas rempah jintan juga menjadikan kudapan ini sangat eksotis.

Dalam satu mangkok soto medan biasanya berisi daging sapi, ayam, bakwan udang. Kudapan ini cocok disandingkan dengan perkedel kentang dan rempeyek udang yang gurih. Apalagi jika ditambah sepiring nasi, kudapan ini akan menjadi kudapan yang mengenyangkan.

Salah satu yang menjual kudapan dengan cita rasa khas medan ini bertempat di Jalan Sei Deli No. 2, Silalas, Medan Barat, yaitu Rumah Makan Sinar Pagi. Kamu bisa menyantap satu porsi lontong medan mulai harga Rp25.000.

Es Krim Tip Top

Untuk kamu yang suka makanan manis, es krim tip top adalah pilihan yang tepat untukmu. Kamu bisa mendapatkannya di Restoran Tip Top yang sudah berdiri sejak tahun 1934. Tempat makan yang menjual es krim ‘zaman Belanda’ ini berlokasi di Jalan Jendral A Yani No. 92A-B, Kesawan, Medan Barat.

Es krim ini memiliki tampilan dengan kesan oldies namun tetap menyegarkan. Aroma dan rasa yang unik ditambah dengan campuran kue tart yang lezat menjadikan es krim ini tidak akan pernah terlupakan. Jika kamu penasaran, kamu bisa membelinya dengan harga Rp10.000 untuk satu scoopnya.

Jadi, Kuliner Medan di Traveloka mana yang ingin kamu coba? Tunggu apa lagi? Agar pengalaman wisatamu makin seru, kamu bisa mengajak keluarga dan orang kesayanganmu berwisata kuliner di Medan juga, lho! ***