NISEL-Sampai Tanggal 6 April 2020, status Kabupaten Nias Selatan terkait kasus Coronavirus Desease (Covid-19), zero Covid-19.

Data yang diperoleh wartawan di Posko Siaga Gugus Tugas Covid-19, Jalan Pancasila Lapangan Orurusa, Teluk Dalam, Senin, (6/4/2020), Kabupaten Nias Selatan masih status zero Covid-19.

Sementara, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Nias Selatan, pertanggal 4 April 2020 sebanyak 1411 dan ODP yang sudah dinyatakan sehat dan bebas dari pemantauan berjumlah 151 orang.

ODP tersebut, kebanyakan warga Nias Selatan yang merantau di luar daerah serta anak sekolah atau yang sedang kuliah dan ada juga warga luar daerah yang bekerja di Kabupaten Nias Selatan.

Untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), nol dan status suspect atau terduga juga nol.

Pantauan wartawan di Posko Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Nias Selatan, tampak para Tim Gugus sedang standby di Posko untuk memantau dan meng-update informasi perkembangan yang ODP terkait Covid-19 di Kabupaten Nias Selatan.

Sementara, pada Tanggal 3 April 2020, Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha telah menyurati pihak terkait termasuk pihak unit pelayanan pelabuhan dan pengusaha kapal untuk mengehentikan membawa penumpang dari kapal laut dari pelabuhan Sibolga dan Padang ke pelabuhan Teluk Dalam, Tello dan Hibala Kabupaten Nias Selatan mulai Tanggal 4 April sampai dengan Tanggal 29 Mei 2020.

Surat Bupati tersebut bernomor : 550/5767/DISHUB-NS/2020 Tertanggal 3 April 2020.

Alasan Bupati meminta instansi terkait menghentikan membawa penumpang kapal laut di Kabupaten Nias Selatan, mengingat semakin meningkatnya penularan Covid-19 di wilayah negara Republik Indinesia yang telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO) pada Tanggal 11 Maret 2020.