MEDAN - Banyak cara melakukan pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), salah satunya yakni mengampanyekan hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan diri dan mencuci tangan pakai sabun. Tapi, menyediakan fasilitas cuci tangan gratis di tempat umum dianggap salah satu yang paling tepat saat ini. Apalagi fasilitas itu memang dibutuhkan warga khususnya jurnalis yang bertugas meliput di lapangan.

Hal itu pula yang menjadi salahsatu pertimbangan Aroma Bakery and Cake Shop dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Pada Senin (6/4/2020) Aroma Bakery and Cake Shop mendirikan 5 unit fasilitas cuci tangan di tempat umum.

Owner Aroma Bakery and Cake Shop, Suhardi SE mengatakan lima fasilitas itu diserahkan kepada Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

"Ini sebagai bentuk kepedulian sosial di tengah pandemi covid-19. Semoga ini hal yanh sama bisa dilakukan pegiat usaha lainnya di Medan," kata pria yang karib disapa Jhon Hardi tersebut.

Diketahui, 5 unit fasilitas cuci tangan yang dibagikan itu akan diletakkan di Warkop Jurnalis Medan, Perkuburan Simalingkar B, Jalan Diponegoro persis di depan Gedung Kementerian Keuangan Perwakilan Sumut, Lapangan Jalan Gajah Mada dan Jalan Sisingamangaraja di bawah Fly Over Simpang Amplas.

Di warkop jurnalis Medan, fasilitas cuci tangan berupa wadah/wastafel, kran dan tangki air diberikan langsung melalui Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni.

“Selain bertujuan mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19, bantuan fasilitas cuci tangan yang diberikan ini untuk membudayakan para jurnalis berperilaku bersih,” ungkap Husni.

Terpisah, salah satu wartawan senior Medan, Amrizal berterima kasih kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan yang telah peduli dengan para jurnalis dan masyarakat. “Kita mendukung program Pemko Medan dengan membiasakan cuci tangan. Dengan begitu, para jurnalis tetap sehat,” imbuhnya.