SAMOSIR-Guna terus mengantisipasi penularan pagebluk Corona virus disease (Covid-19) masuk ke Kabupaten Samosir yang hingga kini masih negatif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan suspect, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga turut berperan melakukan monitor pergerakan warga lewat jalur darat, Tele, Kecamatan Harian, Minggu (5/4/2020).

Pada monitoring berlangsung, Juang Sinaga turut didampingi Camat Harian Roberton Manik dan mengimbau, agar masyarakat tetap jaga kesehatan tubuh. "Ayo kita patuhi himbauan pemerintah serta menjaga kesehatan tubuh," himbau Juang.

Berbagai upaya pencegahan yang dilakukan di pintu masuk Tele, dengan melakukan pengecekan suhu tubuh para warga yang masuk dengan menggunakan roda dua dan penumpang kendaraan umum.

Tidak hanya pengecekan suhu tubuh, juga melakukan penyemprotan disinfektan ke kendaraan dan menyediakan tempat pembersih tangan (hand sanitizer) bagi para warga yang bergerak lewat pintu masuk Tele menuju Samosir.

Memaksimalkan pencegahan Covid-19 masuk ke Samosir, sebelumnya, Sabtu (4/4/2020), Pemerintah Kabupaten Samosir bahkan mengambil langkah memulangkan pendatang rombongan milenial dari Kisaran dan Pematang Siantar yang masuk lewat jalur Danau Toba, Tomok-Ajibata.

Upaya lain memutus rantai penyebaran pagebluk Corona itu di Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir juga memperpanjang masa belajar di rumah untuk para pelajar mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Samosir hingga tanggal 15 April mendatang.