SAMOSIR-Guna terus mencegah masuknya Corona virus disease (Covid-19) ke Kabupaten Samosir yang hingga kini masih negatif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan suspect (positif terjangkit), gugus kendali Covid-19 Samosir pulangkan pendatang dari luar daerah.

Sesuai informasi yang disampaikan Bidang gugus kendali komunikasi publik, Rohani Bakkara, aparat keamanan terpaksa harus memulangkan rombongan milenial dari Kisaran dan Pematang Siantar karena alasan kedatangan ke Samosir tidak jelas.

"Ada dua rombongan dari luar daerah, yaitu rombongan milenial dari Kisaran dan rombongan milenial dari Pematang Siantar untuk tujuan Samosir dengan tujuan yang tidak jelas. Mereka datang melalui jalur Danau Ajibata-Tomok. Karena alasan yang tidak jelas, aparat keamanan terpaksa harus memulangkan mereka, demi menjaga Samosir agar tetap terjaga, aman dari Covid-19," tulisnya melalui pesan whatsaap, Sabtu (4/4/2020) malam.

Disampaikan, kegiatan monitoring pergerakan warga melalui pintu masuk pelabuhan Tomok guna mengantisipasi penularan pagebluk Corona itu ke Samosir dilakukan langsung oleh Ketua gugus kendali Covid-19 Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon di dampingi, Kepala Dinas Kesehatan dr Nimpan Karo-karo, Kepala Dinas Koperindag Vikbon Simbolon, Direktur RS Hadrianus Sinaga Friska Situmorang, Camat Simanindo Hans Sidabutar dan anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan, Sorta Ertaty Siahaan.