TOBA-PT.TL,Tbk Kamis,02/03/2020 berikan bantuan Tandon/Tabung air cuci tangan sebagai wujud kepedulian perusahaan untuk Antisipasi Penyebaran Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dengan harapan untuk memutus mata rantai penularannya.

Deputy Soscap PT.TPL.Jandres Silalahi dalam sambutannya menyampaikan, PT.TPL,Tbk melalui perwakilan manajemen menyerahkan 35 unit tandon air cuci tangan lengkap dengan fasilitas peralatannya dengan harapan dan tujuannya untuk memutus mata rantai Covid-19.

Disampaikan Jandres, PT.TPL, Tbk akan memberikan wadah cuci tangan ini nantinya hingga ke desa desa. Sebelumnya 10 unit Thermo Gun untuk pengukur suhu tubuh telah diberikan kepada Pemerintah kabupaten Toba.

Selanjutnya Thermo Gun tambahan untuk menambah bantuan yang pertama sebanyak 10 unit yang telah diberikan akan ditambah dan saat ini sedang diusahakan pencarian untuk pengadaannya, bila sudah didapatkan akan diserahkan kepada Pemkab Toba menambahi Thermo Gun yang telah diberikan sebelumnya.

Perusahaan dalam memberikan bantuannya kepada masyarakat Toba melalui Pemerintah Kabupaten berkat bantuan dan dukungan Pemkab Toba dalam hal keberlangsungan jalannya roda eperasional PT,TPL,Tbk dalam melaksanakan produksinya sebagaimana pusat produksi pabrik bersiri dan beroperasi di Kabupaten Toba.

Dengan berbagai bantuan yang diberika oleh perusahan diharapkan kedepan bisa untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejateraan masyarakat. "Dalam suasana pandemi Global akan wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) perusahaan PT.TPL,Tbk akan tetap respek danmendukung setiap program usaha pemerintah dalam hal upaya penyelamatan warga masyarakat akan usaha memutus mata rantai penularan Pandemi Global Covid-19 di Kabupaten Toba," tegas Juandres dalam sambutannya mewakili manajemen Perusahaan.

Sekda, dalam harapan masyarakat kabupaten Toba PT.TPL, Tbk diharapkan untuk pemberian Bantuannya janganlah hanya sebatas pemberian pasilitas cuci tangan dan perlengkapan.diharapkan PT.TPL,Tbk dapat memberikan bantuan kebutuhan pokok berupa beras dan bahan makanan Lainnya.

Ditegaskan Sekda, melihat situasi saat ini akan bencana wabah Covid-19 dalam 2 minggu kedepan mungkin Pemkab Toba akan meminta kepada perusahaan bantuan bahan pangan untuk masyarakat Kabupaten Toba sebanyak 200 Ton.

"Untuk itu kami meminta kepada manajemen Perusahaan mulai saat ini bisa membahasnya dan membuat program pengadaannya kelak. Karena masyarakat bukan hanya butuh fasilitas cuci tangan saja disaat suasana Pandemi Global Covid-19 ini, bahan makanan sangatlah yang paling utama. Untuk itu, diharapkan kesediaan perusahaan PT.TPL supaya bersedia untuk memberikan bantuan kembali terkait akan kebutuhan pokok akan bahan makanan yang dibutuhkan warga masyarakat Kabupaten Toba untuk itu kami berharap kedepan PT.TPL,Tbk akan bersedia dan mulai saat ini diharapkan perusahaan untuk memikirkannya dan mendiskusikannya di manejemen perusahaan," ungkap Sekda dalam harapan dan himbaunnya kepada PT.TPL.Tbk.

Bupati, menegaskan dengan situasi yang kita sedang hadapi saat ini, kita tidak boleh anggap remeh. " Melihat situasi saat sekarang akan Pandemi Global Covid-19 untuk bantuan yang telah diterima dari beberapa perusahaan secara khusus PT.TPL,Tbk belum tentu cukup hanya dengan bantuan yang diberikan saat ini, kedepan kita sangat membutuhkan bahan makanan untuk masyarakat Toba. Untuk itu kami mohon supaya pihak perusahaan juga bisa mulai memikirkannya," tegas Bupati.

Menyikapi permitaan Bupati Kabupaten Toba senada dengan permintaan Sekda mewakili Manajemen perusaah Jandres Silalhi Deputy Soscap (Sosian Capital) bersama Yusuf Wibisono Direktur Dept Had Soccap PT.TPL kepada wartawan menyampaikan, PT.TPL,Tbk bergerak dalam usaha produksi bahan baku kertas berupa Pulp dan bukan usaha lainnya.

Lanjutnya, terkait akan hal permintaan Bupati dan Sekda Kab.Toba akan bantuan bahan makanan berupa beras diakuinya memang sangat baik. Namun PT.RPL,Tbk tetap akan mematuhi aturan dan undang undang.

"Jangan nantinya PT.TPL,Tbk dituding telah melakukan penimbunan bahan makanan bila perusahaan melakukan pembelian seperti yang disarankan oleh Sekda dan Bupati Kabupaten Toba untuk membeli beras atau padi milik warga Tobasa sesuai dengan harga pasar, untuk ditimbun sebagai stok bahan makanan dan selanjutnya dijual kembali kepada masyarakat juga dengan harga pasar. Hal tersebut dilakukan guna untuk mengantisipasi kelangkaan dan menipisnya bahan makanan beras dimasyarakat akibat pandemi Global Covid-19.

Menyikapi keluhan PT.TPL,Tbk sekaitan untuk pembelian padi dan beras hasil produksi pertanian masyarakat Kabupaten Toba untuk di kumpulkan menjadi stok beras bagi warga Toba, disampaikan Bupati dan Sekda untuk mengatasi masalah tersebut supaya jangan melanggar Hukum dan Undang tentunya kita para Unsur Pimpian Forkopimda Kabupaten Toba harus membuat MOU Kesepakatan bersama serta ditanda tangani bersama untuk menghindari kesalahan dalam perundang undangan.

Usai rapat dan koordinasi akan rencana bantuan selanjutnya yang kemungkinan akan diminta kembali oleh Pemkab Toba kepada perusahaan PT.TPL,Tbk di ruang rapat Panatapan rumah Dinas Bupati selanjutnya acara dilanjutkan dengan acara serah terima Tandon air/Tabung air Cuci tangan lengkap dengan fasilitas perlengkapan cuci tangannya yang di serahkan secara simbolim oleh Manager Perusahaan PT.TPL,Tbk di halaman rumah Dinas Bupati Kabupaten Toba.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh pimpinan Manejemn Perusahaan Direktur Dept Had Soccap (Social Capital) PT.TPL,Tbk Yusuf Wibisono didampingi oleh Deputy Soscap (Sosian Capital) Jandres Silalahi, Ramida Siringoringo Manajer CD/CSR PT.TPL, Onggung tambunan serta beberapa staf manajemen perusahaan.

Dan diterima langsung oleh Bupati Toba Ir.Darwin Siagian bersama Sekda Kabupaten Toba Drs. Audhi Murphy O. Sitorus, SH, M.Si didampingi oleh Kabag Hukum Lukman Janti Soagian,SH,Kabag ekon Eston Simannuntak, Ketua Gugus Tugas dr.Pontas Batubara, Kadis Kesehatan dr.Juliwan Hutapea, Kadis Sosial dr.Rajaipan Sinurat, Kadis PMDP dan PPA Hendry Silalahi, SE, M.Si, Kadis Kominfo Drs.Lalo H Simanjuntak, M,Si, Staf Ahli Bupati Drwin Sianipar, Kaban Inspektorad Drs.Wallen Hutahaean, Kaban BAPPEDA James Silaban, Kadis Keuangan Ganyang Situmorang dan Kabag Humas Robinson Siagian,S.Sos.