TEBINGTINGGI-Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, mempublikasi foto-foto Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Covid-19 saat menjalani proses pemeriksaan kesehatan. Hal tersebut mengundang kontroversi, sebab sebelumnya Dinas Kesehatan setempat melarang wartawan mempublikasi identitas ODP tersebut.

Foto-foto ODP yang sedang menjalani pemeriksaan kesehatan tersebut muncul di akun facebook Kominfo Tebing Tinggi, pada Kamis (02/04/2020) pukul 18.47 WIB. Dari pantauan wartawan, ada sekitar 31 foto yang diunggah admin.

Menjawab komentar salah seorang warganet, admin facebook Kominfo Tebing Tinggi mengatakan “identitas PDP yang tidak boleh dipublikasikan, sementara poto-poto di atas adalah ODP yang notabenenya adalah orang-orang yang sedang dipantau, bukan pasien,” tulis admin akun facebook Kominfo Tebing Tinggi.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tebing Tinggi, Dedi Siagian, yang dikonfirmasi wartawan melalui pesan whatsapp hingga kini belum bersedia memberikan jawaban.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan sekaligus juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi, Nanang Fitra Aulia, yang dikonfirmasi wartawan melalui sambungan seluler pada Jumat (03/04/2020) pagi, mengatakan tidak boleh mempublikasi identitas ODP.

“Itu tidak boleh, kami yang foto untuk konsumsi kami. Nanti akan saya tanyakan,” ujar Nanang.

Hingga kini belum ditemukan kasus positif Covid-19 di Kota Tebing Tinggi, namun 326 orang masuk daftar ODP dan 5 orang PDP.