LANGKAT-Satgas Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Langkat saat ini menangani 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 26 Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan 1556 Orang Tanpa Gejala (OTG), data 2 April 2020.

Melonjaknya angka tersebut, Bupati Langkat Terbit Rencana PA meminta kepada masyarakat Langkat untuk memberikan semangat kepada para pejuang kemanusiaan yaitu tim Satgas Gugus Covid-19.

Yakni Dinkes, Diskominfo, BPBD dan TNI/Polri, yang menjadi Garda Terdepan melakukan penanganan.

Dukungan moral ini, kata Bupati, diberikan dengan mentaati semua himbauan yang disampaikan terkait pencegahan infeksi corona.

"Mari kita mentaati himbauannya, semua itu untuk kebaikan bersama, jadi jangan ada yang membandel. Mereka bekerja Digarda Terdepan mempertaruhkan nyawa untuk keselamatan kita,"ungkapnya.

Jubir Gugus dr. M. Arifin Sinaga, menjelaskan, saat ini 1 PDP telah dirawat di rumah sakit El Tobing PTPN II Tanjung Morawa, untuk menjalani isolasi.

Sedangkan ODP nya, saat ini berjumlah 26 orang dirawat di rumah sakit rujukan sementara. Sebelumnya 33 orang, namun 7 orang sudah sembuh sudah kembali kerumah.

Untuk OTG atau orang sehat yang baru pulang dari luar kota dan luar negeri, totalnya 1556 orang sedang dikarantina selama 14 hari. Saat ini 68 orang menjalani karantina di gedung PKK Langkat, selebihnya karantina mandiri dirumahnya sendiri.

"Bagi dikarantina mandiri, mereka menerapkan aturan berlaku dan diawasi oleh tenaga kesehatan Puskesmas setempat, " paparnya.

Ia menyampaikan, saat ini kebanyakan yang dikarantina pulang dari luar kota ketimbang luar negeri. Sedangkan untuk yang dirujuk dari PKK ke RSUD Tanjungpura bukan karena ODP, melainkan karena hamil.

"Saat ini Ia masih menjalani karantina mandiri," ungkapnya.