TOBASA-Mapolres Tobasa di bawah komando Kapolres AKBP. Agus Waluyo,SIK Kamis , (2/4/2020) menggelar Appel kesiap siagaan personil serta penjelasan untuk pemahaman tentang Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).dalam apel tersebut digjelaskan dampak yang ditimbulkan Covid-19 secara kesehatan khususnya dalam kehidupan sosial dimasyarakat.

Untuk dampak kesehatannya jajaran Personil Polres Tobasa menerima arahan dan penerangaan sebagai Tim Gugus Tugas Operasi Aman Nusa II dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 serta penjelasan akan cara cara penanganan penyebaran Corona Virus Desease 2019dari dr.Jimmi kepala Poliklinik Kesehatan Mapolres Tobasa.

Dalam kesempatan tersebut dr,.Jimmi menjelaskan beberapa upaya dan kesiap siagaan untuk seluruh jajaran dan personil Polres Tobasa dalam upaya percepatan Penanganan dan Pencegahan Penyeberan Corona Virus Desease 2019 (Covid -19) yang bertempat di Lapangan Apel Mapolres Tobasa.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung Wakapolres Tobasa Kompol Janner Panjaitan SH,MH serta para pimpinan Jabatan jajaran Mapolres Tobasa Kabag Ops Polres Tobasa Kompol Drs.Efendi sinaga, Kabag Sumda Kompol Syamsinar, Kabag Ren Ir.P Tampubolon, Kasat Reskrim AKP.Nelson Sipahutar, SH.MH, Kasat Narkoba, AKP. Budi Ginting, S.Sos, Kasat Intel AKP. Antoni Rajagukguk, Kasat Binmas, Para Kapolsek seJajaran Polres Tobasa, Para Bintara dan Tamtama sejajaran Polres Tobasa.

Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo SIK melalui Kabag Humas Aipda Pol Khairuddin kepada Gosumut saat dikonfirmasi Kamis, (2/4/2020) menjelaskan, Kegiatan dilaksanakan untuk mensosialisasikan akan tugas dan fungsi setiap peraonil secara khusus satgas yang terlibat pada Tim Gugus Tugas Aman Nusa II dalam rangka Pencegahan Penyebaran dan percepatan Penaganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Wilayah Hukum Polres Tobasa.

Kegiatan juga unuk mensosilisasikan akan pentingnya kewaspadaan setiap jajaran dan personil saat dalam memjalankan tugas dalam penanganan Corona Virus Desase 2019 (Covid-19) dan setiap personil harus memahami betul setiap protokoler dan langkah langkah yang harus di perhatikan apabila Corona Virus Desease 2019 diindikasikan telah Suspect menyerang tubuh sesorang.

Lanjut Kasubbag Humas, dalam kesempatan tersebut Kapolres Tobasa memberikan arahan dan perintah langsung kepada Babinkamtibmas supaya membuat semua tahapan tahapan penanganan Penyebaran Covid-19 sesuai dengan TR Kapolda Sumut.

Ditegaskan Kapolres Tobasa sesuai dengan TR Kapolda Sumut supaya semua personil yang bertugas dilapangan harus memiliki mindset dalam menangani masyarakat apabila ditemukan terjatuh dijalan dengan dugaan terindikasi suspect Cororna Virus Virus Desease 2019 (Covid -19) di lapangan.

Setiap personil yang terlibat langsung dilapangan diperintahkan harus membantu dan menolong masyarakat yang di temukan dijalan (lapangan) dan berkoordinasi langsung degan pihak Dinas Kesehatan atau Tim terkait yang ditugasi dalam penanganan Covid-19 serta harus memperhatikan APD seperti membuat APD Mandiri dari Jas Hujan yang dilengkapi dengan sarung tangan, masker yang terbuat dari aqua serta pelindung kaki guna memghindari paparan atau supsect Covid-19 kepasa setiap peraonil atau tim ywng memberikan bantuan dan pertolongan.

Dalam kesempatan tersebut di akhir arahannya Kapolres Menegaskan sesuai TR Kapolda Sumut, supaya semua personil harus menangani dan membantu masyarkat yang diduga suspect Covid-19 dengan tetap menggunakan APD yang ada serta mengikuti SOP penanganan Covid-19.

Para personil ditekankan tetap menjaga Kesehatan diri kita masing-masing agar kita tetap bisa membantu dan melayani masyarakat Indonesia dalam upaya Percepatan Penanganan Pencegahan Penyebaran serta untuk memutus mata rantai penularan wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) demi Rakyat, Bangsa dan Negara kita tercinta NKRI.