TEBINGTINGGI-Pandemi Covid-19 yang mewabah di tanah air, menggugah kepedulian berbagai kalangan untuk berpartisipasi mencegah penyebaran virus mematikan tersebut. Di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, sekelompok warga yang tergabung dalam komunitas Marsada Marsiurupan, melakukan kegiatan sosial berupa penyemprotan cairan disinfektan di permukiman warga dan rumah ibadah, Kamis (2/4/2020) siang.

Dengan berbekal 3 unit alat penyemprot, para anggota Marsada Marsiurupan mendatangi rumah-rumah warga di Jalan Lada Hitam, Kelurahan Bandar Sakti, Kecamatan Bajenis. Selain menyemprotkan cairan disinfektan di sekitar permukiman dan rumah ibadah, komunitas Marsada Marsiurupan ini juga berkeliling kampung dengan becak motor dan pengeras suara untuk menyosialisasikan bahaya dan cara pencegahan Covid-19.

Ketua Marsada Marsiurupan, Joni Damanik, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi untuk memutus penyebaran Covid-19.

"Ini sebagai wujud partisipasi kami membantu program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Tebing Tinggi. Seluruh biaya kegiatan sosial ini merupakan sumbangan dari para anggota, sehingga warga yang rumahnya disemprot tidak akan dipungut biaya," ujar Joni.

Joni juga mengimbau warga agar selalu mengikuti prosedur kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari kerumunan orang banyak.

Hingga kini di Kota Tebing Tinggi belum ditemukan kasus positif Covid-19. Namun sebanyak 326 warga masuk daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 4 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).