LANGKAT- Tim relawan covid-19 binaan camat Bahorok, Dameka Putra Singarimbun S STP menyisir /seser wilayah kelurahan Pekan Bahorok pada Rabu, (1/4/2020).

Mencegah penyebaran virus corona kata ketua tim, Pontius Gat Munthe SE saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan. Dijelaskannya penyemprotan diawali dari Simpang Suka Maju jalan Perintis Kemerdekaan berbelok kejalan Niaga. "Selanjutnya ke jalan Ampera, Berdikari hingga komplek perumahan Bahorok Permai," urainya.

Didampingi wakil ketua, Armansyah, Munthe menambahkan sebelumnya kita telah mohon pamit/ijin kepada masyarakat melalui pengeras suara/toa. Sasaran rumah warga, unit usaha/kedai dan warung serta fasilitas umum seperti kantor, rumah ibadah serta lainnya.

Pontius Gat yang juga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bahorok menguraikan penyemprotan menggunakan compressor door smer serta tabung air depot isi ulang secara swadaya.

"Diperhitungkan setidaknya 3.000 liter air dicampur anti septik akan ludes untuk pencegahan, bersama anggota tim yakni Puji Muliani, Dedek Syah Putra, Edy Sederhanata Sembiring Sri Wahyunyi serta Agustinus AMK akan bekerja maksimal," pungkasnya.

Terpisah camat Bahorok, Dameka Putra Singarimbun S STP ditemui saat memonitoring penyemprotan mengatakan kita telah berulang kali menghimbau agar masyarakat menjaga kesehatan tubuh.

Olah raga, berjemur sinar matahari, konsumsi buah dan sayur serta istirahat yang cukup dan saling menjaga jarak/ hindari kontak langsung.

Disinggung tentang perantau pulang ke daerah asal/ kampung halaman, Dameka menarik nafas dan mengaku sudah juga dihimbau agar bertahan, namun tidak juga bisa kita larang.

"Tetapi selayaknya melaporkan diri dengan kesadaran untuk di cek/periksa kesehatannya di Puskesmas. Mengantisipasi hal -hal yang kurang baik, isolasi diri pribadi akan betmanfaat bagi semua orang dan lingkungan," ujarnya.

Menjawab Gosumutcom, camat Bahorok membenarkan satu orang warga kelurahan dikarantina di gedung PKK Stabat sepulang dari luar propinsi sumut.

Meski tidak terinfeksi namun sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan layak dikarantina.