MEDAN - Sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan di tengah pandemi corona virus disease (Covid-19), Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK - UISU) turut bergerak aktif. Kali ini, fakultas kedokteran yang dipimpin dr Indra Janis MKT dan Wakil dekan memberikan bantuan kepada pasien suspect covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan, Kamis (2/4/2020) sore yang diterima Dra Latifah Hanim.

"FK UISU peduli pandemi Covid-19, tentu membantu meringankan rumah sakit Pirngadi Medan yang juga menangani penderita suspek covid-19. Sebab, Rumah Sakit Pirngadi merupakan rumah sakit pendidikan utama FK UISU," ujar Dekan FK UISU, dr Indra Janis MKT.

Adapun bantuan yang diberikan, imbuh Indra, yakni roti, susu dan telur. Di mana, bantuan alakadar ini diharapkan dapat menunjang kesehatan pasien dan meningkatkan daya tahan tubuh pasien.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan imbauan pencegahan melalui pengeras suara di masjid-masjid dan bersama tim UISU melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan.

"Kami apresiasi yang setingginya kapada tim medis yang menangani pandemi covid-19. Bagi sejawat sebagai tim medis covid-19 yang telah wafat dalam menjalankan tugas, semoga amal baktinya diterima Allah SWT," tutupnya.

Sementara itu, Rektor FK UISU, DR Yanhar Jamaluddin MAP mengapresiasi atas aksi kepedulian sosial yang dilakukan FK UISU.

"Tentu ini bisa dilakukan oleh fakultas lainnya di UISU dengan bentuk kegiatan yang berbeda. Intinya adalah berbagi kepedulian pada masyarakat," imbaunya.

"Harapan saya kepada FK UISU sesungguhnya adalah lebih, tidak hanya aksi seperti ini saja, namun bagaimana FK lebih berperan dengan mengoptimalkan laboratorium biomedik untuk membantu masyarakat memeriksakan dirinya apakah tertular covid 19 atau tidak. Setidak tidaknya ini juga bisa membantu para medis dalam mendeteksi masyarakat yang terindikasi ODP," jelasnya.