LANGKAT-Memaparkan dan menyampaikan maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis M SI berkaitan kapolsek Bahorok, Iptu Sutrisno mengundang rapat kepala desa diwilyah hukum kerjanya pada Rabu, (1/4/2020).

Dihadapan 18 kades dan satu kelurahan kecamatan Bahorok serta tiga desa di kecamatan Sirapit yakni Sebertung, Sumber Jaya dan Perkebunan Amal Tani kapolsek memaparkan antara lain situasi nasional penyebaran covid -19 secara cepat.

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan penanganan secara cepat dan tepat agar penyebarannya tidak meluas.

Polri senantiasa mengacu asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (solus suprema lex esto) kapolri mengeluatkan maklumat untuk dipatuhi urai kapolsek.

Maklumat dimaksud tidak membenarkan masyarakat mengundang mengadakan perkumpulan seperti pertemuan sosial, budaya, keagamaan. Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazaar serta bersifat mengumpulkan massa.

Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak boleh panik dalam situasi kini ujarnya. Kades diminta tanggap dan menyampaikan maklumat kapolri kepada masyarakat.

Lakukan pendekatan individu dan kelompok jika melanggar maklumat bisa dikenakan sanksi hukum tegas kapolsek sembari membagikan petikan maklumat dalam bentuk kertas untuk dibaca dan disimak.

Ditempat yang sama Peltu Iswanto mewakili Danramil 06 Kapt Inf N Tanjung pada sambutannya mengajak masyarakat tetap menjaga kebugaran tubuh. Jaga stamina yang fit, kurangi kegiatan berkumpul/jaga jarak kontak langsung mengantisipasi penyebaran virus.

"TNI senantiasa mendukung program dan kebijakan pemerintah dan memback-up pemerintah/satgas pencegahan covid-19," ujarnya.

Sementara camat Bahorok, Dameka Putra Singarimbun mengatakan relawan pencegahan telah dibentuk disetiap desa. Bekeja meminilisir dan mengantisipasi penyebaran secara tanggap.

"Memetakan wilayah desa/lingkungan yang belum di semprot disinfektan dan sebagai sumber informasi perkembangan pencegahan di desa," urainya.

Isolasi mandiri langkah awal pemutus rantai penyebaran virus, masyarakat diminta tetap waspada dan data kehadiran warga pendatang serta pulang ke daerah asal kata camat. Turut hadir dalam rapat, wakapolsek Iptu M Isa, kanit intel Aiptu Budi serta lainnya.