MEDAN – Demi kemanusian dan upaya saling membantu menghadapi penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19, puluhan warga yang membutuhkan di Lingkungan XIV, Kelurahan Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, mendapat bantuan sembako. Aksi ini menjadi penting seiring imbauan pemerintah agar masyarakat tetap berada di rumah sebagai upaya memutus penyebaran virus asal Wuhan, China ini.

Dalam pembagian ini, warga tidak dikumpulkan, melainkan kepling yang langsung mendatangi dan membagikan bantuan sembako ke rumah-rumah warga yang membutuhkan.

“Terdata ada 45 KK (kepala keluarga) kurang mampu di Lingkungan XIV Blok Kayu Raja. Bantuan ini merupakan swadaya dari warga sekitar. Sifatnya saling membantu, warga mampu membantu warga yang membutuhkan,” ujar Kepala Lingkungan (Kepling) XIV, Kelurahan Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Wina Eka Lestari, Rabu (1/4/2020).

Ia mengatakan, sebagai perwakilan Pemko Medan, khususnya di Kelurahan Simpang Selayang, dirinya berterimakasih kepada warga. Khususnya kepada ketua panitia penyaluran bantuan, M Aulia Putra Saragih, S.P,M.Si.

“Sejak kemarin (Rabu 31 Maret 2020), sebagian bantuan bahan pokok sudah dibagikan. Hari ini, bantuan masih terus bertambah, kita sedang mempersiapkan kembali pembagian lanjutan,” tutur Wina.

Dalam kondisi sekarang ini, imbauan pemerintah untuk tetap berdiam di rumah bakal begitu berdampak kepada warga masyarakat yang kurang mampu.

“Pada dasarnya warga mau untuk tetap tinggal di rumah. Mereka juga gak mau ngeyel, tapi itu tadi kehidupan kan tetap harus berputar, makanya saya sangat senang ketika warga kompak dan mau untuk menyisihkan sebagian rejekinya untuk saling membantu,” sebutnya.

“Artinya imbauan agar warga tetap di rumah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 bisa berjalan maksimal. Harapan saya selaku Kepling ya mudah-mudahan kegiatan ini akan terus berkelanjutan,” harap Wina.

Sementara itu, Aulia Putra Saragih sebagai ketua panitia mengatakan antusiasme warga sangat baik.

“Ya ke depan dan mudah-mudahan warga lain juga ikut mendukung. Kalau begini, InshaAllah imbauan pemerintah agar tetap di rumah bakal berjalan maksimal. Karena pada dasarnya, kebutuhan dasar itu terpenuhi pasti warga akan tinggal di rumah,” sebutnya.

“Masalah yang terjadi sekarang kan bagaimana mau tinggal di rumah kalau untuk makan istri dan anaknya terancam, itu yang harus jadi pemikiran bersama kita,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Simpang Selayang, Albena Boang Manalu S.STP, M.SP memberikan apresiasi tinggi dengan apa yang dilakukan oleh warga Lingkungan XIV.

“Jadi saya sangat berterimakasih dengan apa yang dilakukan buk Kepling, mendorong warga sekitar agar saling membantu,” ucap Albena.

“Harapan kita dengan apa yang dilakukan oleh warga Lingkungan XIV ini bisa mendorong dan menggerakkan untuk semua warga kita, kalau bisa se Indonesia,” tambah Albena lagi.

Menurutnya, bantuan seperti ini yang dibutuhkan oleh masyarakat yang pekerja harian.

“Inilah yang saat ini dibutuhkan masyarakat kita yang pekerja harian. Mereka di satu sisi pemerintah menuntut mereka untuk membantu menangani Covid-19 itu dengan cara berdiam di rumah,” paparya.

“Sementara dengan melakukan itu semua mereka dihadapkan dengan posisi memenuhi kebutuhan sehari-hari yang semakin sulit. Jadi sama-sama kita saling membantu, yang mampu menyisihkan rejekinya buat saudara kita yang kurang mampu.”

Albena menegaskan, Kelurahan Simpang Selayang juga mendorong pihak swasta untuk melakukan hal serupa seperti yang dilakukan warga Lingkungan XIV.

“Kami juga sedang mendorong pihak swasta di tempat kita, seperti GBI membantu member vitamin. Besok (Kamis 2 April) mungkin kita akan memberikan bantuan makanan kepada warga kurang mampu di seputaran Simpang Selayang,” tutur Albena.

“Jadi kita ingin seluruh warga bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh warga di Lingkungan XIV ini. Semoga semuanya bisa mengikuti,” pungkas Albena.