TEBINGTINGGI-Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Covid-19 di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, bertambah 10 kali lipat hanya dalam waktu beberapa hari.

Sebelumnya berdasarkan laman https://covid19.tebingtinggikota.go.id, jumlah ODP pada Minggu (29/03/2020) sebanyak 14 orang, namun hari ini jumlah ODP sudah mencapai 137 orang dan mereka diisolasi di rumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi, Nanang Fitra Aulia, yang dikonfirmasi wartawan pada Selasa (31/03/2020), menjelaskan penambahan jumlah ODP tersebut terkait adanya perubahan kriteria penetapan ODP dari Kementerian Kesehatan.

“Untuk menegakkan kriteria ODP yang pertama adalah ada atau tidaknya gejala demam dan gangguan infeksi saluran pernafasan atas, kemudian baru pulang dari daerah atau negara terjangkit,” terang Nanang.

Nanang pun mengimbau warga Kota Tebing Tinggi agar mematuhi segala aturan yang ditetapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.