LABUHANBATU - Antisipasi kelangkaan dan lonjakan harga kebutuhan bahan pokok akibat situasional virus corona, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT cek ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Gelugur Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Selasa (31/3/2020). Dalam kegiatan tersebut, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe di dampingi Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Labuhanbatu Chairul Nasution dan Camat Rantau Utara,Turing Ritonga juga melakukan cek secara langsung memastikan kesiapan ruang sterilisasi dan sarana cuci tangan untuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) bagi masyarakat dan pedagang yang ingin beraktivitas di lokasi pasar.

"Saya bersama Kadis Perindak dan Camat sudah meninjau secara langsung dan bertanya kepada para pedagang terkait ada tidaknya lonjakan harga-harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok. Dari pantauan di lapangan, memang ada kenaikan harga dari beberapa jenis bahan kebutuhan, yang paling naik signifikan itu terjadi pada harga gula putih," Terang Bupati Labuhanbatu.

Andi Suhaimi juga menjelaskan bahwa pihaknya akan terus memantau situasi pasar secara berkesinambungan dan melakukan koordinasi lintas sektoral untuk mencegah hal-hal yang berkaitan dengan ketersediaan bahan pokok dan antisipasi lonjakan harga.

"Terkait untuk ketersediaan gula putih, saya sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog Labuhanbatu dan memang ada kelangkaan stok gula hampir di seluruh wilayah," Jelas Andi Suhaimi.

Andi juga menerangkan bawa Pemkab Labuhanbatu melalui Disperindag akan segera melakukan operasi pasar dan menggelar pasar murah yang akan tersebar di 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

"Kita akan menggelar pasar murah yang akan kita sebar keseluruhan Kecamatan dan kita akan menyiapkan sedikitnya 13.000 paket Sembako dalam pelaksanaannya nanti," Pungkas Andi Suhaimi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Labuhanbatu agar membiasakan diri untuk menjaga pola hidup sehat dan mengurangi beraktivitas di luar rumah jika tidak terlalu penting. Hal itu ia harapkan agar bisa meminimalisir dampak penyebaran virus corona di Kabupaten Labuhanbatu.