ASAHAN-Kegiatan yang diawali dengan Apel Gabungan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Asahan yang dipimpin langsung Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan H. Surya, BSc tampak dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, OPD, Organisasi Kesehatan serta Organisasi Masyarakat.

Dalam Apel Gabungan yang dilaksanakan di Jalan masuk Gedung Dekranasda, Selasa (31/3/2020), Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan H. Surya, BSc sampaikan bahwa penyemprotan desinfektan secara serentak guna menekan penyebaran Covid-19, berdasarkan pada telegram Kapolri Nomor : ST/1008/III/KES 7/ 2020 tentang upaya mendukung keselamatan masyarakat dengan gerakan preventif secara masif dan serentak diseluruh Indonesia.

Dikesempatan itu Ketua tim Gugus tugas Covid19 Kabupaten Asahan H. Surya BSc mengajak seluruh pihak terkait untuk dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan rasa ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Kegiatan ini akan menjadi saksi sejarah bahwasanya kita tidak pernah menyerah menghadapi bencana ini. Sukses atau tidaknya kita melawan bencana ini, sangat tergantung kepedulian semua pihak, tidak hanya tergantung kepada Pemerintah dan tenaga kesehatan saja namun masyarakat juga dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada guna meminimalisir penyebaran covid-19," tuturnya.

H. Surya, B.Sc juga menekankan agar seluruh stakeholder yang terlibat dalam tugas penyemprotan ini agar mempedomani seluruh prosedur yang berlaku dan tidak mengabaikan keselamatan diri agar kegiatan yang dilakukan mendapatkan hasil yang maksimal.

"Untuk daerah yang yang akan disemprot desinfektan menggunakan mobil Water Canon Polres Asahan dan mobil Damkar Satpol PP Kabupaten Asahan, adalah daerah di seputaran Kota Kisaran dengan jarak 10 Km, dengan jalan yang dilalui yaitu dari Gedung Dekranasda Kabupaten Asahan di Jalan Ahmad Yani Kisaran, Jalan Cokroaminoto Kisaran, Jalan Imam Bonjol Kisaran, Jalan Sisingamangaraja Kisaran, Jalan Kartini Kisaran, Simpang Katarina Kisaran dan Kembali ke Gedung Dekranasda Kabupaten Asahan," jelasnya.

Bupati Asahan itu juga jelaskan, kegiatan penyemprotan desinfektan ini juga dilakukan di rumah ibadah, tempat layanan umum dan tempat yang dianggap zona merah diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Mengakhiri sambutannya, H. Surya sampaikan dalam kesiapan penanganan penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan yang saat ini berstatus siaga darurat, selain telah membentuk Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan yang didalamnya terdiri dari Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, OPD, Organisasi Kesehatan serta Organisasi Masyarakat, Pemkab Asahan juga telah menyediakan 20 ruangan Isolasi yang berada di RSUD HAMS Kisaran.

“Berbagai upaya telah kita lakukan, namun keberhasilan kita mengatasi permasalahan Covid-19 akan terwujud bila masyarakat juga menaati segala panduan dan aturan untuk antisipasi penyebaran Covid-19. Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Asahan, dengan anda dirumah untuk keluarga dan Indonesia, biar kami diluar untuk anda dan Indonesia," pungkas Bupati Asahan.

Pasca pelaksanaan apel gabungan, Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kapolres Asahan dan Dandim 0208 Asahan yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan melepas keberangkatan mobil Water Canon Polres Asahan dan mobil Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Asahan untuk melaksanakan tugas penyemprotan desinfektan di seputaran Kota Kisaran.*