LANGKAT-Kini sebanyak 68 warga Langkat dikarantinakan di gedung PKK Langkat Stabat, Senin (30/3/2020).

Jumlah ini melonjak pesat hanya dalam waktu 3 hari, sebelumnya tim Satgas Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 Langkat, hanya mengkarantina 2 orang warga Secanggang yang pulang dari luar kota, di gedung PKK pada Jum'at, (27/3/2020).

"Saat ini ada 68 warga yang dikarantina selama 14 hari kedepan, mereka baru kembali dari luar kota dan luar negeri. Kemungkinannya, jumlah ini akan terus bertambah dalam waktu dekat,"ungkap Jubir Satgas Covid-19 dr. M. Arifin Sinaga, di Posko Informasi Dinkes Langkat.

Melonjaknya jumlah tersebut, dr. Arifin mengajurkan bagi warga yang nantinya pulang dari luar kota dan negeri, untuk karantina dirumah dengan melaksanakan ketentuan berlaku.

Warga tersebut langsung melakukan pemeriksaan di Puskesmas setempat. Setelah diperiksa oleh dokter, warga tersebut dinyatakan OTG atau Orang Tanpa Gejala. Selanjutnya harus mengkarantinakan diri dirumah selama 14 hari, tanpa boleh keluar rumah.

"Selama karantina dirumah, akan terus dipantau oleh petugas. Jadi jika menemukan gejala, akan langsung bisa dievakuasi untuk isolasi," terangnya.

Ia menegaskan, warga yang dikarantina semuanya OTG yakni orang sehat. Mereka mendapatkan fasilitas dari Pemkab Langkat, berupa makan dan minum 3 kali sehari, tempat tidur, kamar mandi serta perlengkapannya, TV dan wi-fi.

Sedangkan untuk petugas karantina dilokasi karantina berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 orang tenaga kesehatan, 3 orang petugas BPBD, 1 orang petugas Tagana dan 5 orang Polisi.

"Mereka berjaga selama 24 jam menggunakan sip secara bergiliran, dengan dua dokter yang selalu standbay," sampainya.

Pada masa karantina, tambah dr. Arifin, warga juga diajak senam pagi sebagai upaya menjaga stamina tubuh, sebab dengan fisik yang selalu bugar akan membuat tubuh semakin sehat dan tidak rentan sakit.

Ia mengabarkan, kini jumlah warga ODP untuk Langkat sebanyak 17 orang, dan selesai pemantauan 7 orang. "Jadi sebelumnya, total ODP berjumlah 24 orang," sebutnya.