TOBA-Antisipasi penyebaran dan penularan Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Toba perusahaan penghasil Daya Listrik PT, Bazra Daya Sentra Nusa (BDSN) yang berdiri dan beroperasi di Simakkuk desa Siruar Kecamatan Parmaksian memberi bantuannya kepada Pemerintah Kabupaten Toba.

Perusahaan PT.BDSN melalui Manejer Humas perusahaan Ir.Zevrin Alam Harahap di dampingi staf Humas perusahaan Maruli Simanjuntak Senin, (30/3/2020) memberikan 10 unit bantuan tabung air lengkap dengan peralatan perlengkapan siap pakai untuk fasilitas cuci tangan bagi masyarakat.

Fasilitas cuci tangan ini penempatannya diawali di kota Balige yang di tempatkan pada 2 titik di pusat Kota Balige, di Jalan Sisingamangaraja XII tepatnya pada simpang mesjid Alhadonah kota Balige dan 1 unit dekat Kantor Bank BNI Balige yang diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Toba Drs. Audhi Murphy O Sitorus, SH.M.Si di dampingi oleh Kabag Ekon Eston Simanjuntak.

Selanjutnya fasilitas cuci tangan ini lengkap dengan semua perlengkapan siap pakai juga akan diberikan dan ditempatkan di Kecamatan Pintupohan Meranti 1 unit nantinya ditempatkan di Ambarhalim, Kecamatan Parmaksian 2 unit akan ditempatkan di Simangkuk dan Sosorladang, Kecamatan Porsea 2 unit nantinya ditempatkan di Terminal Porsea dan Pintu 2 masuk Onan (pajak Porsea), Kecamatan Sigumpar 1 unit ditempatkan di kota Silimbat, Kecamatan Siantar Narumonda 1 unit ditempatkan di Simpang Empat Narumonda 1 ibu kota kecamatan. Ungkap Maruli Simanjuntak Staf Humas PT.BDSN.

Manajer Humas PT.BDSN Ir.Zevrin Alam Harahap kepada Gosumut saat dikonfirmasi menjelaskan, Bantuan diberikan sebagai wujud kepedulian perusahaan akan keselamatan warga masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Toba dari penyebaran Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

"Bantuan perusahaan ini juga untuk mendukung program Pemerintah Pusat secara khusus membantu dan mendukung kinerja Gugus Tugas Covid-19 KabupatennToba dalam hal percepatan penanganan serta untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang saat ini sedang gencar di laksanakan oleh Pemerintah Pusat, Propinsi hingga Daerah Kabupaten/Kota," ungkapnya.

Lanjut Zevrin, Menyikapi situasi global saat ini dengan merebaknya Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di dunia international hingga ke Indonesia dan telah ditetapkan menjadi Bencana Nasional Non Alam oleh Pemerintah Pusat, PT .BDSN menyikapi hal ini bukan hanya beban dan tanggung jawab pemerintah saja dalam membantu dan menyelamtakan warga masyarakat.

Sebagai perusahaan swasta yang menjadi salah satu Objek Vital (ObVit) penghasil energi Listrik merasa mimiliki tanggung jawab juga untuk bersama sama dengan pemerintah dalam hal penyelamatan warga dari penyebaran dan penularan Covid-19.

"Tanggung jawab ini dibuktikan dengan menyediakan fasilitas cuci tangan untuk masyarakat yang di tempatkan pada berbagai titik titik keramaian seperti pusat kota dan pasar pasar tempat jual beli kebutuhan hidup sehari hari masyarakat," tegas Zevrin Alam Harahap didampingi Staf Humas Maruli Simanjuntak.

Ditambahkan Zevrin, PT.BDSN memberikan bantuan tabung air lengkap dengan fasilitas alat cuci tangannya, untuk penempatannya di setiap Kecamatan perusahaan berkoordinasi dengan Camat atas arahan dan petunjuk dari Bupati Toba melalui Sekda.

Untuk pengadaan pengisian airnya diharapkan dari kerelaan dan kepedulian oleh warga dimana ditempatkan fasilitas cuci tangan ini. "Tentunya dengan pantauan dan pengawasan serta koordinasinya oleh pihak Kecamatan kepada warganya melalui kepala desanya masing masing," tandas Zevrin.

Sekda Kabupaten Toba Drs. Audhi Murphy O Sitorus, SH.M.Si didampingi Kabag Ekon Eston Simanjuntak menyampaikan, Pemkab Toba sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Perusahaan PT.BDSN.

Dengan bantuan yang diberikan oleh BDSN membuktikan bahwa perusahaan PT.BDSN yang berdiri dan beroperasi di Kabupaten Toba satu derap langkah dengan pemerintah dalam menghadapi Pandemi Global Corona Virus Desase 2019 (Covid-19) untuk menyelamatkan warga masyarakat dari penyebaran dan penularannya.

Atas bantuan yang diberikan melalui perwakilan manajemen perusahaan Ir.Zevrin Alam Harahap bersama Maruli Simanjuntak berharap kedepan kerja sama ini akan terus berlanjut dan berharap manajemen perusahaan dalam situasi saat ini tetap memantau perkembangan dan kelak bisa memberikan perhatian akan bantuan lainnya demi mendukung pemerintah untuk keamanan dan keselamatan masyarakat.

Parlin Napitupulu (50) warga kelurahan Napitupulu bagasan pengusaha kelontongam di ousat kota balige mewakili masyarakat Balige dan para warga pemili, toko ,enyampaikan ucapan terima kasih kepada PT.BDSN yang telah memberikan kepeduliannya untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Toba khususnya kota Balige sebagai ibu kota Kabupaten.