TOBA-Menindak lanjuti antisipasi penyebaran dan penularan serta percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Toba khususnya desa Kecamatan daerah Pemilihannya DIL 5 anggota DPRD Kabupaten Toba dari Partai Nasdem Robinson Sibarani Minggu, (29/3/2020) kembali melaksanakan Penyemprotan Desinfektan kebeberapa ruas jalan desa, tempat tempat keramaian, rumah ibadah dan sekolah sekolah SD dan PPAUD Desa Kecamatan Silaen.

Kegiatan penyemprotan dilakukan sebagai tindak lanjut penyemprotan cairan zat Desinfektan ke ruas jalan desa dan beberapa tempat tempat keramaian yang telah dilakukan sehari sebelumnya Sabtu, (28/3/2020) yang melibatkan warga desa dan beberapa kepala desa dengan mengunakan dana pribadi sendiri.

Penyemprotan kembali dilakukan di 2 desa kecamatan Silaen (desa Dalihan Natolu dan desa Natolu Tali) dengan melibatkan para warga desa di dampingi Kepala Desa dan Sekdesnya.tampak Robinson Sibarani turun langsung melakukan penyemprotan kerumah rumah penduduk yang di ikuti oleh warga lainnya berikut dengan istrinya mendampingi Bidan Desa melakukan pencampuran cairan Desinfektan dan mengisinya ke mesin pompa milik warga desa.

Robinson Sibarani didampingi Istrinya Lastri br Simbolon kepada Gosumut menyampaikan melalui penyemprotan hari ini kembali menegaskan supaya seluruh warga masyarakat desa mentaati semua aturan yang telah ditetapkan pemerintah untuk di taati dan dipatuhi guna memutus mata rantai penularan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) demi keselamatan diri, Keluarga secara khusus keselamatan bersama dari keganasan serangan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Diegaskan Robinson,khusus kepada warga masyarakat di perantauan yang merupakan warga masyarakat Kabupaten Toba baik yang audah menjadi warga tetap di daerah Kabupaten/Kota dan Propinsi di wilayah NKRI, saya sebagai anggota DPRD Kabupaten Toba dari Partai Nasdem menghimbau dan memohon dengan sangat janganlah dulu datang ke Kabupaten Toba atau janganlah dulu Pulang kempung, silahkan bertahan di tempat tinggal masing masing ikuti SOP yang telah ditetapkan Pemerintah.

"Sekali lagi, silahkan dulu bertahan di daerah tinggal masing masing pasca status darurat Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di NKRI secara khusus di dunia Internasional saat ini.karena bila kalian datang ke daerah asal (kampung halman sendiri), kita tidak bisa menjamin dan memastikan bahwa saudara saudari itu terbebas dari Virus Covid-19 dan membawanya dari daerah tinggal kalian ke kampung halaman kalian sendiri yang nantinya berakibat fatal bagi ribuan warga desa di daetah Kabupaten Toba," himbau Robinson dalam keterangannya kepada Gosumut.

Mewakili Masyarakat Jupri Silalahi (52) warga Kampung kristen Dusun 3 desa Natolutali mewakili masyarakat menyampaikan, kami mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Kabupaten Toba Robinson Sibarani yang memberikan kepedulian dan perhatiannya secara pribadi demi kemanusiaan kepada warga desa Natolutali yang memberikan cairan Desinfektan untuk di semprotkan warga desa guna menghambat dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Desa Natolutali Hendra Sibarani menyampaikan pemerintah desa harus tetap sinergis bersama dengan Bidan Desa sebagai tim media kesehatan di desa untuk tetap pro aktif melakukan pemantauan di berbagai wilayah pemerintahan desa Natolutali.

Lanjutnya, kepada seluruh warga juga harus bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk saling menjaga dan seluruh warga harus mentaati aturan dan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah demi keselamatan kita bersama. "Berikan informasi yang akurat, laporkan bila ada hal yang dirasa mencurigakan juga kalau ada warga atau saudara sanak family yang datang untuk di pantau dan diperiksa selanjutnya di usahakan melakukan isolasi Mandiri," ucapnya.

"Laporkan kepada kami dengan cepat bila ada diketahui atau dirasa seauatu hal yang mencurigakan akan kondisi kesehatan fisiknya untuk dilakukan pemeriksaan.hindari kontak fisik dan berkumpul ramai ramai lakukan aturan satndar Batuk dan Bersin serta ikuti aturan SOP yang telah ditetapkan pemwrintah dwmi keselamatan kita bersama," tegas Sulastri.

Hadir dalam penyemprotan yang dilakukan Robinson bersama istri, Bindes Natolutali Basaika Sulastri Tampubolon, Am.Keb dan Herlina Sihombing,Am.Keb. Kepala Desa Natolu Tali Toga Hendra Sibarani, Pemuda Karang Taruna Desa, Tokoh Masyarakat desa dan Tokoh Agama yang dengan silih berganti langsung mengisi tabung mesin pompanya masing masing selanjutnya meninggalkan lokasi tanpa berlama lama sembari menjaga jarak satu dangan yang lain yang disebut dengan Physical Distance (Jaga Jarak).