Mobile JKN Jadi Pilihan Ditengah Social Distancing

Mobile JKN Jadi Pilihan Ditengah Social Distancing
Minggu, 29 Maret 2020 11:55 WIB
Penulis: Rel
MEDAN – Hingga Kamis (19/3/2020), di Kota Medan sudah ada dua orang yang dinyatakan positif Virus Corona Disease (Covid-19). Untuk mengantisipasi penyebarannya, BPJS Kesehatan Cabang Medan telah menerapkan langkah antisipasi di lingkungan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan dengan menerapkan pembatasan layanan untuk mencegah Covid-19 melalui kontak langsung.“Di hari biasa antrian masyarakat sekitar 300-400 orang, jadi penting bagi BPJS Kesehatan untuk melakukan hal-hal yang dianggap perlu untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Sari Quratulainy.

Sari mengungkapkan, pelayanan di kantor cabang tetap seperti biasa yaitu dari hari senin sampai jumat dan mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 15.00.

“Jam pelayanan tetap sama, namun kami melakukan pembatasan pelayanan yaitu terbatas hanya untuk pelayanan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) saja, untuk pelayanan lainnya bisa dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” tambah Sari.

Ads
Ditambahkan Sari, Aplikasi Mobile JKN dan Care Center 1500 400 sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ditengah imbauan pemerintah untuk melakukan social distancing. Fitur di Aplikasi Mobile JKN dan kegunaan Care Center 1500 400 pun cukup lengkap, bisa untuk pendaftaran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), penambahan anggota keluarga PBPU, perubahan kelas, perubahan data peserta, pemberian informasi serta penangan pengaduan.

BPJS Kesehatan Cabang Medan juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh baik kepada Petugas maupun masyarakat yang datang ke kantor cabang serta menyediakan hand sanitizer di lingkungan kantor cabang yang bisa dipakai baik oleh petugas maupun masyarakat.

Salah satu masyarakat yang datang ke kantor cabang, Zul mengaku dapat memahami upaya yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya datang ke kantor tadi mau ganti kelas, setelah itu diarahkan oleh petugas untuk melakukan perubahan kelas melalui Aplikasi Mobile JKN, saya juga tadi diberikan hand sanitizer dan dicek suhu tubuh saya,” jelas Zul.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Peristiwa, Sumatera Utara, Medan
www www