TOBASA-Pergerakan penanggulangan pencegahan penularan Corona Virus Desease 2019 (COVOD-19) di Kabupaten Toba yang dilaksanakan oleh Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Toba hingga 25 Maret 2020 selama melaksanakan pengawasan masih belum mendapatkan kejadian yang benar benar ada terinfeksi COVID-19.

Berdasarkan data yang dirilis oleh satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara pada konfrensi persnya Selasa, (24/3/2020) menjelaskan bahwa hingga ini terdapat 16 Orang yang masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) di daerah ini.

ODP ini bertambah 3 setelah sebelumnya pada hari Selasa (24/3) dirilis oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba bahwa Orang Dalam Pengawasan masih berjumlah 13 orang (ODP).

Informasi ini langsung disampaikan oleh KetuaSatuan Gugus Tugas Kavid-19 Kabupaten Toba dr.Pontas Batubara dalam laporan yang disampaikannya langsung kepada Bupati Toba Ir.Darwin Siagian yang hadir bersama ketua TP. PKK Toba Ny Brenda Ritawati Darwin Siagian mengunjungi Posko Gugus tugas di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Komplek perkantoran Pemkab Toba di desa Simanjalo Kecamatan Balige, Rabu (25/03/2020).

Untuk memastikan lebih detil akan perkembangan dan situasi terkini di Kabupaten Toba akan Penanganan Pencegahan penularan Covid-19, setiba di lokasi Posko, Bupati Darwin langsung bersama Ktua TP.PKK Kabupaten Toba langsung mempertanyakan berapa jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang terdata di daerah Kabupaten Toba hingga Rabu,(25/03/2020).

Dalam laporannya langsung dr.Pontas Batuvara selaku letua Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan, untuk semua data yang terkait dengan Covid-19 di Kabupaten Toba tsetiap waktu tetap terupdate setiap harinya dibatasan waktu jam 12.00 Wib.

Sesuai data terupdate di Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba hingga Rabu,(25/3/2020) terdata 16 orang yang menjadi Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang ksemuanya didata dari beberapa kecamatan Kabupaten Toba dan telah dinyatakan dalampengawasan”, lapor dr.Pontas. Lanjut dr.Pontas, dari sejumlah ODP yang terdata dibawah pengawasan RSUD Porsea, RSU HKBP Balige dan yang lainnya melakukan pengawasan mandiri.

Sesuai dengan data yang terupdate di Gugus Tugas BPBD Kabupaten Toba dari 16 orang ODP yang terdata berasal dari kecamatan Tampahan 1orang, Balige 7 orang, Laguboti 3 orang, Sigumpar 1 orang, Porsea 1 orang, Parmaksian 1 orang, Lumban julu 1 orang, Ajibata 1 orang dan pada umumnya merupakan orang yang berkunjung ke zona merah.

Sebagai bentuk perhatian kepada satgas penanggulangan bencana, pada kesempatan itu Bupati berharap pemerintah kabupaten kiranya dapat memberi perhatian dengan memberikan insentiv.dalam percepatan penanganan covid-19, disebutkan, gugus tugas juga menjangkau hingga truk yang datang dari zona merah ke daerah.

Untuk memastikan lebih lanjut akan perkembangan Covid-19 hingga Kamis, 26/03/2020 Gosumut.com via WA Seluler mengkorfimasi langsung Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba dan menjelaskan bahwa hingga Pagi hari ini pukul 10.33 Wib Kamis, 26/03/2020 Orang Dalam Pengawasan (ODP) sekaitan Covid-19 masih tetap 16 orang.

"Untuk data lebih detil siapa tahu ada perubahan akan dipastikan hari ini Kamis (26/3/2020) tepat pukul 13.00 Wib pada pagelaran Konfrensi Pers perkembangan terkini akan penanganan penanggulangan penularan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Toba," terang dr.Pontas Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba.