LANGKAT-Satgas Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Langkat kerahkan 2,640 tenaga kesehatan yang menyebar di 5 rumah sakit isolasi PDP Corona dan 32 UPT. Puskesmas di wilayah Langkat.

"Selain melakukan berbagai bentuk himbauan dan penyemprotan Disinfectant di perkantoran dan tempat umum, Satgas Gugus juga mengerahkan 2,640 tenaga kesehatan, untuk menekan penyebaran wabah Corona di Langkat, " sebut Jubir Satgas Gugus dr. Arifin selaku Kabid Yankes Dinkes Langkat, di Posko Covid-19 Dinkes Langkat, Selasa 24/3/2020).

Adapun 5 rumah sakit isolasi PDP tersebut, sambung dr Arifin, untuk Langkat Hilir RSU Putri Bidadari dan RSU Tanjung Pura. Langkat Hulu RSU Delia, sedangkan untuk Teluk Aru RSU Pertamina Pangkalan Brandan dan RSU PT.PTN II Tanjung Selamat.

Tenaga kesehatan di kelima RSU tersebut berjumlah 713 orang. Terdiri dari 117 tenaga sepesialis umum, 6 spesialis paru, 14 penyakit dalam, 54 dokter umum, 462 bidan dan 376 perawat.

"Kelima RSU tersebut memiliki kasitas Ruang Isolasi 14 Bed dan tempat tidur 33 Bed, " ungkapnya. Sedangkan untuk 1.611 tenaga kesehatan lainnya, sambung dr. Arifin, berada di 32 UPT Puskesmas yang menyebar di 23 kecamatan yang ada di Langkat.

Terdiri dari 135 dokter, 427 perawat, 840 bidan, 97 tenaga promkes, 35 tenaga sanitarian, 58 tenaga farmasi dan 19 ahli teknologi Lab Medik.

"Sehingga jumlah total keseluruhan tenaga medis untuk Kabupaten Langkat berjumlah 2,640 orang," ungkapnya.

Sebanyak 32 UPT Puskesmas tersebut, papar dr. Arifin berada di Bahorok, Bukit Lawang, Tanjung Langkat, Marike, Serapit, Kuala, Namutrasi, Namu Ukur, Selesai, Sambirejo, Stabat, Karangrejo, Tanjung Beringin, Stabat Lama, Tanjun Selamat, Sei Bamban, Sawit Seberang.

Secanggang, Hinai Kiri, Teluk, Pantai Cermin, Gebang, Securai, Pangkalan Brandan, Tangkahan Durian, Pangkalan Susu, Beras Basah, Desa Lama, Besitang, Pematang Jaya, Stungkit, Pematang Cengal.

Sembari menyampaikan, saat ini Satgas Gugus juga tengah mempersiapkan tambahan 40 tempat tidur untuk karantina kasus virus corona, di Mess USU Pamah Tambunan, Gudung PKK dan Akper Pemkab Langkat.

Sebelumnya, kembali dr. Arifin menambah, Satgas Gugus melalui Diskomfo Langkat telah melakukan himbauan, baik melalui selembaran PDF di Medsos, media cetak dan online, serta di 8 radio lokal selama 7 hari berturut-turut.

"Selain itu, Satgas Gugus juga telah melaksanakan swiping malam untuk membubarkan keramaian di tempat-tempat umum, melalui TNI/Polri dan Satpol PP, " ungkapnya.