Home >  Berita >  Peristiwa

Wakil Bupati Toba Bersama Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba Berikan Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) Kepada Petugas Medice RSU Rujukan

Wakil Bupati Toba Bersama Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba  Berikan Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) Kepada Petugas Medice RSU Rujukan
Rabu, 25 Maret 2020 17:17 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBASA-Guna untuk mendukung kinerja para dokter dan tenaga medis lainnya yang tergabung dalam Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba untuk melakukan tugasnya dalam percepatan penaganan pencegahan penularan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) serta menindak lanjuti Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Relokasi Anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Bupati melalui Wakil Bupati Toba Ir.Hulman Sitorus,M.Si bersama Ketua Satuan Gugus Tugas dr Pontas Batubara Selasa, 24/03/2020 menyerahkan secara simbolik beberapa jenis Alat Pelindung Diri (APD) untuk dapat digunakan dalam menjalankan tugasnya kepada masyarakat yang di indikasikan terpapar penularan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Bantuan APD (Alat Pelindung Diri) diberikan kepada 2 Rumah Sakit rujukan di Kabupaten Toba yakni RSUD Porsea dan RSU HKBP Balige.untuk bantuan APD kepada RSU Porsea diterima langsung secara simbolis oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Porsea dr Tommy Siahaan sebanyak 40 Set.

Untuk APD petugas Medice RSU HKBP Balige yang dipimpin oleh Plt. Direktur dr.Nelson Siburian diterima Perwakilan dari RSU HKBP dr.Kristevan Halomoan Simamora Kabid Pelayanan Medik RSU HKBP Balige didampingi oleh Brd.Manotar Marbun sebanyak 20 set.
Ads

Kepada BPBD Kabupaten Toba sebagai petugas Satuan Gugus Tugas Covid-19 juga menerima APD.semua APD yang diterima untuk diberikan digunakan oleh para petugas pelayanan medicnya masing masing disaat bertugas untuk melayani penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di RSU setempat sebagai Rumah Sakit Rujukan di daerah Kabupaten Toba.

APD diserahkan oleh Wakil Bupati Toba di lobi Kantor Bupati, Selasa (24/3/2020) berupa Masker, sepatu bot, pakaian, kacamata, topi helm, sarung tangan dan lainnya yang dibeli dengan mengunakan Dana APBD Kabupaten Toba tahun 2020 dengan dana +_ 260.000.000.-

dr. Pontas Batubara selaku ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 kepada wartawan menjelaskan, tahap awal Alat Pelindung Diri (APD) yang dipesan oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 BPBD Kabupaten Toba sebanyak 85 set. Dengam rincian APD ini didistribusikan kepada RSUD Porsea 40 Set untuk RSU HKBP Balige 20 Set, Transporter Medice atau petugas penjemput/pengantar (perawat Transporter) sebanyak 15 Set dan untuk BPBD selaku Satuan Gugus Tugas Covid-19 sebanyak 10 Set.

Ditegaskannya selaku Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19, mengenai kuantitasny APD akan ditambah sesuai kebutuhan kedepannya melihat situasi dan perkembangan selanjutnya.

Mengenai ruang isolasi untuk pasien suspect Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) disampaikan dr Pontas "di ke dua Rumah Sakit rujukan yakni di RSUD Porsea. "Telah disiapkan 8 tempat Tidur dan di RSU HKBP Balige 2 Tempat Tidur dan kesemuanya sudah stand by, selanjutnya untuk kamar isolasinya akan kami tambah secara bertahap melihat perkembangan kedepannya," katanya.

Pontas atas nama Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Toba yang telah dengan sepakat mendukung penganggaran Dana Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba.

Dijelaskan dr.Pontas "Selasa, (24/3/2020) Satuan Gugus Tugas oleh BPBD dengan Kepala Badan BPBD Kabupaten Toba saya sendiri dr.Pontas Batubara yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 bersama dengan Exekutif Pemerintah Daerah Kabupaten Toba hadir mewakili Bupati Sekda Drs.Audhi Murphy O Sitorus,SH.M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr.Juliwan Hutapea telah dipanggil DPRD untuk Rapat Dengar Pendapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Efendy Nitupulu,SE di damping 2 Wakil Ketua DPRD Candrow Manurung,SH dan Mangatas Silaen berikut sejumlah anghota DPRD Kabupaten Toba lainnya.

Dalam rapat koordinasi dan dengan Pendapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Toba Efendi Napitupulu,SE telah disepakati dan DPRD menyetujui untuk Anggaran Dana yang dibutuhkan dalam penaganan Covid-19 di Kabupaten Toba diambil dari anggaran perjalanan Dinas DPRD untuk selanjutnya disisihkan sebesar Rp. 500 Juta.

"Dana tersebut untuk digunakan menambah anggaran dana Satuan Gugus Tugas dalam melaksanakan tugas percepatan penanganan pencegahan penularan Corona Virus Desease (Covid-19) di Kabupaten Toba.atas perhatian dan sikap DPRD Kabupaten Toba di awah kepemimpinan Efendi Napitupulu kami ucapkan terimakasih juga kepada seluruh Anggota DPRD tanpa terkecuali," ucapnya.

Wakil Bupati Toba Ir. Hulman Sitorus,M.Si di dampingi Asisten 1 Harapan Napitupulu,SH, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kepala B0BD Kabupaten Toba dr.Pontas Batubara dan Kepala Dinas Kesehatan dr.Juliwan Hutapea saat menyerahkan ADP secara simbolis menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Toba sangat mengharapkan keseriusan dokter dan tenaga medis lainnya yang tergabung dalam Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba untuk menjalankan tugas kemanusiaan ini dengan baik dan benar.begitu juga dengan Gugus Tugas diharapkan supaya tetap solid dengan timnya.

Lanjut Wakil Bupati "Tetaplah solid dalam bekerja untuk menjalankan tugas dan misinya menagani suspect Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), tetaplah semangat dan jaga kesehatan dan tidak lupa kita tetap berdoa supaya kita tetap dalam lindunganNya. Karena kalianlah garda terdepan dalam tugas ini," ucap Wakil Bupati dalam harapannya kedepan.
www www