SIMALUNGUN-Guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid- 19), Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Jorlang hataran menghimbau warga agar menghindari keramaiaan dan menjaga jarak (Social Distancing).

Himbauan tersebut disampaikan pihak Uspika Jorlang hataran melalui pengeras suara disepanjang jalan protokol yakni mulai dari Nagori Bah Sampuran hingga Nagori Kasindiri, Senin (23/3) sekira pukul 10.30 WIB.

Camat Jorlang hataran Mariaman Samosir mengatakan himbaun itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang saat ini melanda beberapa negara termasuk Indonesia. "Kita himbau kepada warga agar bersama-sama mengantisapasi penyebaran virus corona dengan menghindari keramaian dengan menjaga jarak (Social Distancing).

Kepada para Pangulu (Kepala Desa) juga kita sudah himbau agar segera melaporkan ke Kecamatan jika ada warga yang baru pulang dari kota lainnya serta dari luar negeri, agar segera dipantau oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas, "ujar Camat.

Senada Kapolsek Tiga Balata AKP.Ir Jagani Sijabat menyampaikan agar sosialisasi yang disampaikan pihak Uspika dapat ditindak lanjuti oleh warga dengan memghindari pusat keramaian guna mengantasipasi penyebaran Covid- 19 khususnya di Kecamatan Jorlang hataran.

"Saat ini di Polsek Tiga Balata sudah kita siapkan hand Sanitizer ( pembersih tangan) bagi warga yang ingin menyambangi Polsek, "tandasnya.

16 warga status Orang Dalam Pemantauan (ODP) Sementara itu Kepala Puskesmas Tiga Balata dr Amran Situmorang menyampaikan saat ini di Kecamatan Jorlang hataran sebanyak 16 warga dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait antisipasi penyebaran Covid- 19.

Saat ini ada 16 warga status ODP dibeberapa Nagori seperti Nagori Huta Urung, Pagar Pinang, Pinang Ratus, Jorlang hataran, Kansindir, Dolok Marlawan dan Kelurahan Tiga Balata. Mereka ada yang datang dari Malaysia serta dari kota lainnya untuk berkunjung ke kampungnya.

Sejauh ini warga dalam status ODP tersebut dalam kondisi sehat, namun selama 14 hari kedepan kondisi kesehatan mereka akan tetap kita pantau.

"Kita himbau juga kepada warga agar menerapkan pola hidup sehat dengan menkonsumsi makanan yang sehat, mencuci tangan dan menghindari keramaian. Di Puksesmas juga sudah kita siapkan hand sanitizer (pembersih tangan) bagi warga yang datang untuk masing-masing keperluan, "terang dr.Amran.