MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan saat ini merawat seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait corona virus disease (Covid-19) yang dirujuk RSUP H Adam Malik.


Kabag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin membenarkan pihaknya merawat seorang pasien PDP.

"Pasien yang di Pirngadi masih PDP (Pasien dalam Pengawasan) 1 orang. Info selanjutnya hubungi bagian pelayanan," kata Edison sembari memberikan nomor dr Risma Sinaga.

Begitupun, ketika dihubungi Sabtu (21/3/2020) hingga Minggu (22/3/2020), dr Risma yang dimintai komentarnya mengenai nama pasien PDP, riwayat, mulai perawatan hingga langkah penanganan dan pengobatan terhadap pasien, tak menjawab ketika dikonfirmasi melalui pesan ataupun telepon dari aplikasi WhatsApp.

Di tempat lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Edwin Effendi berkomentar bahwa nama pasien PDP tidak bisa dibuka. Begitupun, Edwin tidak berkomentar banyak soal kondisi pasien PDP yang ditangani di rumah sakit tertua di Medan itu, meskipun awak media ini mendapat arahan dari Ketua Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis.

"Itu (nama_RED) tidak bisa dibuka, privasi. Saya sudah mintakan agar pasien harus dilayani," ungkap Edwin tanpa menanggapi soal tak terbukanya RSUD dr Pirngadi akan kondisi pasien PDP yang dirawat.

Informasi yang berkembang di RSUD dr Pirngadi Medan, rumah sakit plat merah itu menangani 1 pasien PDP yang disebut-sebut seorang PPDS. Bahkan, informasi yang diterima, pasien hanya dirawat di Ruang Mawar.

Sementara itu, hingga saat ini, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumatera Utara berjumlah 48 pasien dan yang sudah pulang atau dinyatakan negatif sebanyak 3 pasien. Sedangkan pasien positif Covid-19 sebanyak 2 pasien, 1 meninggal dan 1 dirawat.

Berdasarkan data per tanggal 21 Maret 2020 yang diperoleh dari Ketua Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Riadil Akhir Lubis, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) yang melapor yakni sebanyak 338 orang.

Sementara itu, Kasubbag Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, menerangkan, saat ini pihaknya sedang merawat sebanyak 13 pasien PDP. Di mana, 1 pasien positif meninggal dan 1 masih dalam perawatan.

Disinggung soal adanya pasien PDP yang dirujuk ke RSUD dr Pirngadi Medan, wanita yang akrab disapa Oca ini membenarkan. Namun dirinya tidak merinci jumlah pasien yang dirujuk.

"Memang ada bang, kan sekarang semua rumah sakit diperbantukan, Adam Malik udah penuh," jawabnya melalui pesan WhatsApp.

Oca mengaku, dirinya tidak bisa berkomentar lebih lanjut mengenai kondisi terakhir pasien sebelum dirujuk ke rumah sakit milik Pemko Medan.

"Kalau udah bukan pasien yang dirawat Adam Malik, kami gak bisa kasih info. Itulah masalahnya bang, yang dirujuk ini kami gak bisa kasi info. Semua info ada di satgas," terangnya.