Social Distancing, PMI Medan Ajak Masyarakat Tetap Donor Darah

Social Distancing, PMI Medan Ajak Masyarakat Tetap Donor Darah
Penanganan staff pengambilan darah di UUD PMI Kota Medan tetap menjaga SOP sterilisasi guna pencegahan paparan virus corona.
Jum'at, 20 Maret 2020 13:14 WIB
Penulis: Anita
MEDAN-Semenjak virus corona atau covid-19 masuk ke Indonesia, membuat banyak masyarakat yang merupakan pendonor melakukan social distancing (menjaga jarak antar manusia) dan melakukan kegiatan di rumah saja. Untuk itu, PMI Kota Medan mengajak masyarakat tetap lakukan donor darah. Sebab karena adanya larangan berkumpul ini kegiatan donor darah banyak tertunda.

Seperti yang dikatakan Kasi Pelayanan Teknik Laboratorium dan BDRS UTD PMI Medan dr Ira Fitrianti Putri Lubis dengan adanya larangan berkumpul ini sekitar 20 kegiatan mobile unit PMI batal.

"Larangan berkumpul juga cukup berdampak pada pendonor darah yang takut keluar rumah untuk mendonorkan darahnya. Memang kalau di Sumut khususnya di PMI Medan stok untuk saat ini masih aman karena masih diatas 1500 bag darah. Tapi tidak tahu untuk 1 minggu kedepan gimana," ungkap dr Ira pada wartawan, Jumat (20/3/2020).

Makanya dari itu, saat ini PMI seluruh Indonesia lagi bersama-sama untuk menghimbau ke seluruh masyarakat di Indonesia untuk tidak takut berdonor darah. Karena pasien tetap butuh darah. Dokter Ira juga menuturkan bahwa dalam wabah covid-19 ini, PMI mengkampanyekan "Kalian Tetap Di Rumah. Yang Sehat Sempatkan Waktu Donor Darah DI UDD PMI Kota Medan Jalan Perintis Kemerdekaan No.37 Medan.
Ads

"Sebab transfusi darah untuk pasien tidak bisa ditunda," tegasnya.

Untuk itu, PMI Medan juga mengimbau pada masyarakat bahwa jangan takut donor darah. Sebab donor darah saat ini aman karena pasien tetap membutuhkan darah anda.

"Saat ini UDD PMI Kota Medan juga telah menjalankan sesuai SOP setiap kegiatan yang dilakukan. Jika masyarakat ragu kami sudah siapkan masker, hand sanitizer, sistem jarak 1 meter juga sudah diberlakukan. Tempat cuci tangan juga disediakan jadi jangan takut karen pasien tetap butuh darah kita," ungkap dr Ira.

Adapun stok darah sehat yang berada di UDD PMI Kota Medan yakni Stok WB (Whole Blood) jenis golongan darah A sebanyak 551, golongan darah B sebanyak 256, golongan darah AB 144, golongan darah O sebanyak 607. Total Stok WB ada 1558 kantong.

"Sedangkan stok PRC ( Packed Red Cell ) atau sel darah merah untuk golongan darah A sebanyak 53, golongan darah B sebanyak 25, golongan darah AB sebanyak 34 dan golongan darah O sebanyak 20. Total ada 132 kantong darah. Untuk total seluruhnya darah sehat ada 1690 kantong," ungkapnya.*
Editor : Zizi
Kategori : Sumatera Utara, Medan, Gonews Group, Umum, Interaksi, Pendidikan
www www