SAMOSIR-Dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir tahun 2021 yang digelar, Kamis (19/3/2020) di Hotel JTS, Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, tonjolkan 6 program prioritas.

Penonjolan sebanyak 6 program prioritas itu, sesuai tema Musrenbang RKPD 2020 "Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemantapan Pariwisata dan Pertanian Untuk Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas".

Program prioritas yang akan dilaksanakan, yaitu peningkatan kualitas SDM dan penurunan angka kemiskinan, peningkatan aksesibilitas dan kualitas infrastruktur untuk mendukung pariwisata dan pertanian, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui kreativitas dan inovasi daerah, pengelolaan sumber daya air dan peningkatan kualitas lingkungan hidup, percepatan reformasi birokrasi dan peningkatan sistem pemerintahan berbasis elektronik, serta fasilitasi dan dukungan program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas Danau Toba.

Adapun tujuan dilaksanakannya Musrenbang RKPD itu, untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta pemerintah provinsi sumatra utara.

Selanjutnya, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah pada Musrenbang Kecamatan. Mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.

Pada kesempatan itu, Rapidin menyampaikan, bahwa Musrenbang dilaksanakan sebagai bagian dari mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipatif para stakeholder untuk merumuskan dan menyepakati rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan, serta dapat difungsikan atau dimanfaatkan oleh masyatakat.

"Pemerintah daerah bersama dengan lembaga legislatif, tetap konsisten untuk meningkatkan pelayanan publik disemua sektor dalam rangka pencapaian visi Kabupaten Samosir, yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pada pariwisata dan pertanian," ujar Rapidin.

Tidak lupa, Bupati juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama membangun Kabupaten samosir dengan tulus dan ikhlas.

Pada hari pertama Musrenbang yang akan digelar selama 2 hari itu, turut dihadiri perwakilan Gubernur Sumatra Utara, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Ketua DPRD Samosir Saut Tamba bersama anggota DPRD Samosir, Kapolres Samosir AKBP M Saleh, Kejari Samosir Budi Herman, Danramil 03 Pangururan-Kodim 0210/TU Kapten Inf. Donald Panjaitan, Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pertanian, Kepala Bappeda Provinsi Sumatra Utara.

Juga hadir, Sekretaris daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala, para Asisten dan staf ahli Bupati, para pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, BUMN, BUMD, instansi vertikal, Ketua dan Wakil Ketua serta tim TP. PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM dan Pers.