TOBA-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional MTQN Ke-XV tahun 2020 Tingkat Kabupaten Toba -Sumut yang bertema "Ku Baca, Ku Hafal, Ku Fahami Al- Qur"an untuk Ku Amalkan".resmi dibuka pelaksanaannya.

Pekaksanaan MTQN Ke XV Tahun 2020 dibuka secara resmi, Kamis 19/3/20 oleh Wakil Bupati Kabupaten Toba, Ir.Hulman Sitorus,M.Si didampingi Asisten I Harapan Napitupulu, Asisten II Parulian Siregar,Camat Porsea Robert Manurung,SH dan Sejumlah Pimpinan OPD turut serta dalam acara pemmbukaan secara resmi pelaksanaan MTQN Ke-XV di Masjid Raya Al Hidayah Pararung Porsea.

Dijadiri juga dalam peresmian acara MTQN para Unsur Forkopimda Toba Kapolres Toba AKBP Agus Waluyo,SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Balige Robinson Sitorus, Perwakilan Dandim 0210/TU,Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Toba Hendri Johan Simanjuntak serta para Uspika Kecamatan Porsea, dan sejumlah Camat juga Tokoh Agama Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Toba, Jauhari Samosir dan Ketua LPTQ.

Sebelumnya semua peserta MTQN Ke XV tahun 2020 tingkat Kabupaten Toba melakukan pawai bersama dengan berkeliling kota porsea.keberangkatan pawai start awal keberangkatan dari tanah lapang depan kantor camat Porsea.

Para peserta pawai MTQN Ke XV diberangkatkan oleh Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus,M.Si bersama Kapolres Tobasa AKBP.Agus Waluyo,SIK dengan mengangkat bendera start secara bersama sama.

Sebelum pelaksanaan acara terlebih dahulu diawali dengan pembacaan Nats Alguran oleh Habibi Lubis.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Ketua MTQ Nasional Tahun 2020 Camat Porsea Robet Manurung, dalam laporannya disampaikan bahwa dasar pelaksanaa MTQN Ke XV tingkat Kabupaten Toba tahun 2020 adalah Surat Edaran Lembaga Tilawatil Qur'an Prov. Sumut.

"Peserta MTQN Ke XV Tahun 2020 tingkat Kabupaten Toba sebanyak 181 Orang dalam 17 cabang lomba.para peserta terdiri dari 16 kafilah se Kabupaten Toba dan 2 kafilah khusus yang akan berkompetisi dalam lomba yang memperebutkan Piala Bupati Kabupaten Toba pada MTQ Ke-XV Tahun 2020," lapor Rabert.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Toba Jauhari Samosir mengapresiasi Pemkab dan Jajaran Forkopimda Toba atas dukungannya sekaitan pelaksanaa MTQN Ke XV Tingkat Kabupaten Toba tahun 2020.

Jauhari dalam sambutannya mengajak seluruh umat kaum muslimah dan muslimin supaya mendukung segala kebijakan dan program Pemerintah Kabupaten Toba kedepannya demi kemaslahatan umat serta selruh rakyat Kabupaten Toba, terlebih dalam upaya mewaspadai issu global suspect Pandemi Corona Visur Desease (Covid-19).

Senada dengan Ketua MUI Hendri Johan Simanjuntak Plt.Kantor Kementerian Agama Kabupaten Toba juga mengucapkan rasa syukurnya atas kinerja segenap panitia dan berharap pelaksanaan MTON Ke XV Tahun 2020 tingkat Kabupaten Toba dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Lanjut Hendru, Konsep moderasi agama jelas mengajarkan kerukunan, kedamaian dan toleransi antar sesama umat beragama. "Moderasi agama salah satu upaya untuk menyangkal paham radikalisme.Alquran mengajarkan mencintai segenap insan manusia yang berbeda agama dan kepercayaan," ungkap Hendri mengakhiri sambutannya.

Wakil Bupati, Hulman Sitorus dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Toba akan tetap memberikan dukungan penuh atas segala bentuk kegiatan keagamaan kepada seluruh agama di wilayah Kabupaten Toba.

Lanjut Hulman, untuk itu kedepannya dalam kehidupan bermasyarakat yang memiliki keberagaman suku, agama kepercayaan di daerah kita Kabuparen Toba khususnya di NKRI tercinta ini, mari kita terus jaga kerukunan antar umat beragama. "Kerukunan beragama merupakan warisan leluhur nenek moyang kita yang selamanya akan kita jaga dan lestarikan.keberagaman kita adalah kekayaan kita dan kekuatan bagi Negara kita tercinta Republik Indonesia," tegas Hulman dalam sambutannya.

Pemukulan Beduk oleh Wakil Bupati Kabupaten Toba Ir.Hulman Sitorus, M.Si pertanda resminya dilaksanakan MTQN Ke XV Tahun 2020 tingkat Kabupaten Toba.bertema "Kubaca, Kuhafal, Kupahami Alquran untuk Kuamalkan".