PALUTA-Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona atau yang disebut Covid-19, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) membentuk tim terpadu,hal itu sesuai dengan hasil rapat koordinasi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Paluta Burhan Harahap SH Senin (16/3/2020).

Dalam rapat itu,Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paluta Khairul Harahap S.Sos ditunjuk sebagai Leading Sektor Penanganan Percepatan Pencegahan dan Penanganan Virus Corona atau Covid-19 ini.

"Sebagai langkah awal kita tetap mengacu kepada arahan-arahan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,Presiden sudah mengeluarkan arahan melalui Kepala BNPB, kemudian Gubernur sudah mengeluarkan instruksi, hal-hal itulah yang kita tetapkan di daerah," ujar Khairul Harahap kepada wartawan di lobi kantor Bupati Paluta usai rapat.

Khairul mengaku,sebelumnya pihak Pemkab sudah melakukan pencegahan dini melalui Dinas Kesehatan, RSUD dan Dinas Perhubungan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

Hal senada disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin ,selain memberikan edukasi, pihaknya juga akan memberikan imbauan kepada masyarakat terkait penanganan virus Covid-19.

Terpisah,Direktur RSUD Gunung Tua dr Anita Safrida Lubis mengatakan saat ini RSUD Gunung Tua sudah menyiapkan ruangan isolasi apabila ada warga yang terindikasi virus Covid-19 tersebut.

Informasi yang diperoleh dari Tim Terpadu Percepatan, Penanganan dan Pencegahan virus Covid-19 Paluta, hingga saat ini tidak ada warga Paluta yang positif atau terjangkit virus Corona dan yang masuk dalam kategori orang dalam pengawasan.