Home >  Berita >  Pendidikan

Hadapi Corona, Rumah Zakat Siapkan Beberapa Langkah Preventive

Hadapi Corona, Rumah Zakat Siapkan Beberapa Langkah Preventive
CEO Rumah Zakat, Nur Efendi memberikan keterangan langkah preventive menghadapi pandemi Covid-19.
Kamis, 19 Maret 2020 06:33 WIB
Penulis: Anita
MEDAN-CEO Rumah Zakat, Nur Efendi akan menyampaikan beberapa hal terkait respon Rumah Zakat menanggapi kejadian pandemi COVID 19. Rumah Zakat menetapkan beberapa langkah preventif mencegah penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas.

"Yang pertama, kantor layanan kami tetap beroperasi untuk melayani masyarakat dengan beberapa prosedur yang harus dilalui. Bagi para tamu yang datang, dimohon kesediaannya untuk melakukan pengecekkan suhu tubuh. Bagi sahabat yang suhu tubuhnya di atas 37.5 derajat celcius tidak diperkenankan untuk memasuki kantor layanan," katanya baru-baru ini.

Lanjutnya, Rumah Zakat pun memberikan beragam layanan kemudahan layanan donasi secara online. Namun jika dikemudian hari ada keputusan Lockdown dari pemerintah Rumah Zakat akan melakukan kebijakan WFH (Work From Home) untuk melayani masyarakat dengan pelayanan via system online.

"Kedua, kami memberlakukan pembelajaran jarak jauh bagi 14 sekolah juara yang merupakan binaan Rumah Zakat, sebagaimana arahan dari Pemerintah Republik Indonesia," sambungnya.
Ads

Ketiga, 7 klinik dan ambulance Rumah Zakat akan tetap memberikan layanan dengan mempertimbangkan peraturan dinas terkait setempat dan kondisi darurat yang terjadi, serta akan membantu memberikan arahan rujukan ke RS yang ditunjuk di daerah untuk pasien yang mengalami gejala yang mengarah pada Covid-19.

"Keempat, Rumah Zakat akan menjalankan beragam aksi sosialisasi kepada warga masyarakat di wilayah yang pemerintah daerahnya mengeluarkan himbauan untuk melakukan pencegahan Pandemi Covid-19. Langkah yang kami lakukan antara lain melakukan bersih-bersih masjid dan sarana umum dengan disinfektan," jelasnya.

Kelima, Rumah Zakat akan menyiapkan layanan advokasi dan pendampingan Penerima Manfaat yang menjadi ODP dan PDP di wilayah yang pemerintah daerahnya menetapkan pembatasan akses beberapa fasilitas publik di Wilayah tersebut.

Keenam, Rumah Zakat akan Menyiapkan program bantuan makanan bagi fakir miskin yang tidak dapat keluar rumah di wilayah yang Pemerintah daerahnya menetapkan kondisi Lockdown. Terakhir, untuk kebijakan proses distribusi bantuan program kepada penerima manfaat akan disesuaikan dengan kondisi setiap wilayah.

“Semoga langkah-langkah yang dilakukan ini dapat membantu penyebaran wabah virus corona. Mari kita sama-sama menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan kita, serta senantiasa selalu berdoa memohon perlindungan Allah SWT,” pungkas Nur Efendi.*
Editor : Zizi
Kategori : Pendidikan, Interaksi, Umum, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
www www