MEDAN-Sore tadi, Kamis (19/3/2020) salah satu dari 11 Pasien Dengan Pantauan (DDP) yang diisolasi di RSUP Haji Adam Malik dinyatakan positif Covid-19. Sehingga sudah 2 yang dinyatakan positif Covid-19 di mana salah satu diantaranya telah meninggal dunia, Selasa malam (17/3/2020). Maka status PDP positif Covid-19 di Sumut ada dua.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan dr Aris Yudhariansyah pada wartawan.

"Ya, benar saat ini kasus positif Covid-19 di Sumut menjadi 2. Pasien ini merupakan PDP di RSUP Haji Adam Malik," katanya melalui pesan tertulisnya.

Saat ditanyakan lebih lanjut apakah PDP yang positif tersebut memiliki jejak riwayat yang sama dengan PDP 01 Yang sebelumnya sudah meninggal. Aris menjawab saat pihaknya sudah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE).

"Dinas Kesehatan Sumut sudah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) kepada para kontak erat kedua PDP positif tersebut," imbuhnya.

Senada, Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak yang dikonfirmasi juga menyatakan, saat ini sudah ada 2 PDP yang didiagnosa positif Covid-19. Namun kata dia, PDP tersebut masih dalam perawatan.

"Benar sudah ada 2, dan PDP itu masih kita rawat," terangnya.

Dari data yang diperoleh, saat ini Rumah Sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih merawat 11 orang PDP, 3 orang sebelumnya telah dipulangkan dan dinyatakan negatif Covid-19 dengan dirawatnya 11 PDP ini maka ruang Isolasi di RSUP Haji Adam Malik sudah penuh.Untuk itu, jika ada pasien dalam pengawasan Covid-19 akan dirujuk ke RS lain yang sudah ditunjuk Dinkes Provsu sebagai RS perbantuan penanganan Covid-19.

Adapun rumah sakit perbantuan yang menangani Covid-19 adalah RS Sari Mutiara Jalan Kapten Muslim, RS Haji Medan. Sedangkan di Deliserdang, ada Rumah Sakit GL Tobing/Medical Tembakau Deli PTP Nusantara II Tanjung Morawa.*