LABUHANBATU – Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe respon cepat menindaklanjuti adanya salah seorang warganya yang belum tersentuh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu seperti yang dialami Burhanudin Harahap (82) warga Lingkungan Panah Kampung Sipirok, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Di mana untuk kesehariannya, Burhanudin Harahap menempati rumah kontrakan secara gratis yang diberikan salah seorang ustad di sana. Sedangkan air bersih PDAM, Burhanudin juga dapat bantuan dari tetangganya Ratna Dewi.

Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe mengaku baru tahu kabar ini usai mendapat laporan masyarakat dan segera dirinya memerintahkan Lurah Bakaranbatu untuk langsung mengecek ke lapangan.

“Saat ini pun Pak lurah Bakaranbatu Ardi Juliandi Dalimunthe bersama Bhabinkamtibmas Sagala, Kepala Lingkungan Panah Chaidir langsung turun ke lokasi. Kalaupun memang itu benar jompo ataupun lansia layak untuk mendapatkan bantuan, yah tentunya kita sebagai pemerintah akan sangat mengapresiasi dengan hal itu, kita akan respon dengan hal itu,” ungkap Andi.

Secara terpisah, Lurah Bakaranbatu menerangkan, untuk mendapatkan bantuan seperti BPNT, PKH itu harus ada prosedurnya, pihaknya tidak bisa langsung, karena itu program pusat.

"Makanya kita akan koordinasi Dengan Dinsos akan cek dulu masuk tidaknya ke Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) sebagai salah satu syarat untuk mendaptkan bantuan program pemerintah," terangnya.

“Kalau tidak masuk ke data DTKS, kita akan coba masuk untuk diusulkan tapi prosedurnya tetap mekanisme harus ditempuh. Walaupun Pak Burhanudin domisili di sini tapi kartu keluarga masih di Kecamatan Bilah Gilir, harus segera urus surat pindah dari sana ke Kecamatan Rantau Selatan," bilangnya.

Ardi tidak mau instant hanya sebatas memberikan bantuan sekarang sudah selesai. Artinya bahwa ini bersifat berkesinambungan dan kalau memang tidak masuk ke DTKS, pihaknya akan mencoba masukan data Burhanudin ke Kelurahan Bakaranbatu.

Disinggung kenapa yang bersangkutan tak terdata penerima bantuan, Ardi bersyukur ada informasi seperti ini, karena kita dari pemerintahan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Yang lebih tahu kondisi masyarakat itu RT, RW setempat berikut tokoh masyarakat untuk melaporkan kepada kelurahan lalu kelurahan musywarahkan untuk dimasukan kepada dinas,” tandasnya.

Di sisi lain, Ardi mengatakan akan membantu Burhan secepatnya. Apalagi kesehariannya Burhan hanya menjual jajanan dan sembako bersama istrinya.

"Pertama kita akan bantu Pak Burhan pembuatan steling beserta isinya. Dilihat kondisi Pak Burhan yang begitu semangat untuk menghidupi keluarganya mengingat usia Pak Burhan sudah 82 tahun, secepatnya kita bantu," aku Ardi.

Di tempat yang sama, Yuli warga setempat mengatakan bahwa Unyang sapaan akrab Burhanuddi, layak untuk dibantu. Selain sudah termakan usia, Unyang hanya jualan jajajan dan sembako sekedar.

"Unyang itu juga rajin beribadah dan melakukan adzan setiap hari di Masjid Nursahadah," timpalnya.

Yuli pun mengapresiasi kepedulian Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe yang cepat tanggap menjawab laporan akan adanya masyarakat yang butuh perhatian.