SAMOSIR-Melalui kunjungan lapangan meninjau langsung aktivitas pasar di Pasar Tradisional Onan Baru, Pangururan sekaligus mensosialisasikan kewaspadaan terhadap penularan infeksi Corona virus disease (Covid-19), Rabu (18/3/2020), gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir menyampaikan, pasca Covid-19 stok kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) relatif masih aman.

Dari hasil kunjungan lapangan juga dalam rangka meninjau harga pangan, bidang ketersediaan bahan pokok atau logistik dan bidang komunikasi publik, yaknitim terdiri dari Asisten II Saul Situmorang, Kadis Nakerkoprindag Vikbon Simbolon, Kadis Ketapang Rawati Simbolo, Kadis Pertanian Victor Sitinjak, Kadis Kominfo Rohani Bakkara, Kabag Perekonomian dan SDA beserta anggota TPID Kabupaten Samosir, menyimpulkan:

1. Stok sembilan bahan pokok masih relatip aman ketersediaannya di Pasar. Kenaikan harga, hanya terasa pada komoditi gula dan beberapa jenis buah-buahan. Kenaikan harga gula, menurut grosir, dikarenakan gula yang dibeli dari grosir atau pedagang besar di Medan mengalami kenaikan.

2. Tidak ditemukan adanya kegiatan penimbunan barang Sembako.

3. Aktivitas pasar berjalan normal.

4. Adanya isu bahwa pasar mau ditutup akibat adanya virus Corona, tim menjelaskan itu adalah berita Hoax.

Oleh tim, juga menghimbau, agar seluruh masyarakat Kabupaten Samosir mengikuti petunjuk yang disampaikan petugas, dan surat edaran Bupati Samosir No. 7 Tahun 2020 tentang langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19.

Laporan tim gugus tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir, telah diterima Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan mendoakan seluruh masyarakat Samosir tetap sehat, terhindar dari pandemi Covid-19. "Semoga Tuhan melindungi kita semua. Kita cinta Samosir," ucap Rapidin Simbolon.