MEDAN - Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) Letjen TNI (Purn) H. Edy Rahmayadi mengapresiasi hasil penemuan bahan Bio Metamaterials untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid 19) yang ditemukan Dosen/Peneliti Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU) Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si MSi bersama ahli inovasi Evaluasi Kinerja Program Pemberdayaan Masyarakat dan Inovasi Tata Kelola Limbah Pesisir dan Aplikasi Produk Dosen FISIP USU Dra. Dara Aisyah MSi., Ph.D.

Hal itu diutarakan Gubsu usai bertemu bakda Sholat Maghrib dengan Muhammad Sontang Sihotang dan Dara Aisyah di Masjid Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman No.41 Medan, Rabu (18/3/2020).

Menurut Gubsu, produk yang berbentuk semprotan / spray tersebut cocok untuk di masyarakatkan guna mencegah penyebaran virus Corona, paling tidak untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara dulu. "Hasil penemuan ini perlu kita apresiasi dan diaplikasikan dengan cepat," tutur Gubsu.

Dijelaskan Dara Aisyah dan Muhammad Sontang, produk berkalori untuk stamina dan menyerap toksin serta virus berbentuk cairan dari bahan Bio Metamaterials tersebut ditemukan kedua pasangan ini saat Dr. Dara Aisyah mengikuti pendidikan S3 di Malaysia, serta Postdoctoral dan Felo di Pusat Kajian Pembangunan Sosial Ekonomi Universitas Malaysia Terengganu dan Dr. Mhd. Sontang sebagai Pensyarah Fakulti Sains dan Teknologi Program Studi Sains Fizik Bahan dan alumnus master Materials Sains Universitas Indonesia dan S-3 bidang Metafisika Tasawuf. Penemuan ini diaplikasikan dengan teknologi nano size particles sehingga hubungan antara produk materials 3 in 1 dengan nano size particles dapat diaplikasi dalam pencegahan virus Corona di dalam tubuh.

"Formula produk organik biomaterials 3 in 1 ini cocok untuk melumpuhkan virus Covid 19," ujar Muhammad Sontang dan Dara Aisyah yang keduanya Anggota Pusat Unggulan Inovasi Green Chitosan Material Maju USU yang diketuai Prof. Dr. Harry Agusnar, MSc.***