TOBA-Peningkatan pengawasan dan pemeriksaan kesejahteran ini dilaksanakan seiring meningkatnya status penyebaran Pandemi Corona Virus (Covid-19) dan sudah ditetapkan menjadi Bencana Nasional Non Alam oleh pemerintah pusat di berbagai daerah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia telah mengambil berbagai langkah kebijakan guna mengantisipasi penyebaran Corona Virus di setiap daerahnya masing masing.

Pemerintah Daerah Kabupaten Toba dalam antisipasi penyebaran Pandemi Corona Virus (Covid-19) mulai memperketat pengawasannya di kantor Bupati dengan melakukan pemeriksaan terhadap para pegawai dan warga yang datang ke kantor Bupati Toba.Pemerintah Daerah Kabupaten Toba dalam antisopasi penyebaran Pandemi Corona Virus (Covid-19) mulai memperketat pengawasannya di kantor Bupati dengan melakukan pemeriksaan terhadap para pegawai dan warga yang datang ke kantor Bupati Toba.

Tampak seluruh pegawai dan pungunjung diwajibkan melewati peneriksaan oleh tim medis dengan menggunakan Thermogun dan melakukan pencucian tangan menggunakan cairan Poli Clean, Rabu (18/3/2020).

Petugas yang melakukan pemeriksaan di kantor Bupati adalah petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Sopo Surung Balige untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap para pegawai dan warga yang sengaja datang ke kantor Bupati. Pemeriksaan dilakukan Petugas Puskesmas menggunakan peralatan scanner suhu tubuh Thermogun guna mengetahui suhu tubuh setiap orang yang masuk ke Kantor Bupati Toba.

Kepada wartawan dijelaskan tim Medis Junita Simanjuntak bahwa Suhu tubuh yang aman, antara 35 hingga 37 °c, sementara suhu tubuh diatas 37 °c akan disarankan memeriksakan kesehatan ke pusat kesehatan terdekat.

"Kita ditugaskan dari Puskesmas Sopo Surung untuk melakukan pemeriksaan selama 14 hari sesuai intruksi dari Bapak Bupati dan Kadis Kesehatan Toba",dan Pemeriksaan ini sudah dilakukan mulai Selasa (17/3/2020).

Dari hasil pemeriksaan, hingga saat ini belum ada ditemukan orang dengan suhu tubuh diatas 37 °c dengan dugaan Covid-19.ungkap Junita.

Kabag Humas Pemkab Toba Robinson Siagian kepada Gosumut menjelaskan, dilaksanakannya pemeriksaan kesehatan di lingkungan Pemwrintahan kantor Bupati Toba dengan harapan selirih pegawai dan warga terhindar dari penyebaran Pandemi Virus Corona (Covid-19).

Kedepan sesuai instruksi Pemerintah Pusat dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan, penyebaran Pandemi Corona Virus (Covid-19) tidak sampai ke Toba. Proteksi yang kita lakukan saat guna pencegahan mulai sejak dini untuk antisipasi penyebaran Pandemi Corona Virus (Covid -19) di lingkungan Pemkab Toba," pungkasnya.