ASAHAN-Mengantisipasi Penularan Virus Corona, Disease 2019 (COVID-19) di wilayah Kabupaten Asahan, Pemerintah Kabupaten Asahan liburkan Sekolah di seluruh Kabupaten Asahan sejak besok, Rabu (18/3/2020).

Hal itu dikatakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Bambang Hadi Suprapto yang berperan mewakili Bupati Asahan saat menggelar rapat diskusi terbatas kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Asahan, Kabag dan Camat se-Kabupaten Asahan, Selasa (17/3/2020).

Bambang menyampaikan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Kadis Pendidikan Kabupaten Asahan Nomor 423.5/0991-Pem SD/2020 perihal pencegahan perkembangan dan penyebaran COVID-19 dilingkungan satuan pendidikan yang mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19, terdapat beberapa langkah yang diambil Pemkab Asahan terkait mencegah resiko penularan infeksi COVID-19.

Adapun keputusan langkah tersebut yaitu kegiatan belajar mengajar di seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Asahan digantikan dengan sistem penugasan atau sistem pembelajaran online/daring di rumah masing-masing sejak tanggal 18 hingga 31 Maret 2020 dan kembali aktif belajar di sekolah tanggal 3 April 2020.

Sementara untuk materi pembelajaran bagi siswa selama di rumah dengan bantuan pengawasasn dari orang tua siswa dapat di akses melalui laman belajar.kemendikbud.go.id.

Bambang menghimbau kepada masyarakat agar tetap bersikap tenang, tidak panik, tidak berlebihan membeli kebutuhan dan tidak menimbun bahan kebutuhan pokok serta menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Bambang juga sampaikan bahwa Pemkab Asahan juga telah lakukan antisipasi awal seperti menyediakan 1 ruangan khusus untuk penderita corona di RSUD H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran dengan dokter yang standby 24 jam setiap harinya.

"Bagi seluruh masyarakat, bila merasa ada gejala batuk, sesak napas dan demam agar segera menghubungi call center Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan di Nomor 119," himbaunya.*