BI Sumut: Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Gunakan QRIS

BI Sumut: Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Gunakan QRIS
Disela-sela kegiatan Pekan QRIS Nasional 2020 di Lapangan Benteng, Minggu (15/3/2020).
Minggu, 15 Maret 2020 19:38 WIB
Penulis: Anita
MEDAN-Pada acara puncak Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 di Medan, Sumatera Utara (Sumut) Kepala KPw BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat didampingi Direktur BI Sumut, Andiwiana mengatakan hingga saat ini, ada sebanyak 106.000 merchant yang telah menggunakan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) di Sumut.

Dalam acara yang diikuti 700 peserta sepeda santai yang merupakan anggota BMPD Sumut di Lapangan Benteng, Minggu (15/3/2020). Wiwiek menuturkan diharapkan QRIS semakin dikenal dan digunakan masyarakat Sumut. "Kami targetkan pada akhir Maret mencapai 150 ribu dan akhir Juni mendatang mampu mencapai 200 ribu merchant," katanya.

Sambungnya, dengan adanya kasus Virus Corona atau Covid-19, dapat mendorong masyarakat menggunakan uang non tunai (dompet digital) karena tidak harus memegang uang dan tidak bersentuhan tangan. Sehingga hal ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 tersebut.

"Ke depan, BI akan terus melakukan sosialisasi ke beberapa kabupaten/kota terkait implementasi QRIS ini diantaranya, Kabupaten Langkat, Kota Binjai dan Kota Tebingtinggi," jelasnya.
Ads

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengimbau untuk menjaga kebersihan diri pribadi serta membudayakan bertukar salam tanpa bersentuhan.

Ia juga menyampaikan langsung bahwa untuk sementara waktu Sumatera Utara akan meminimalkan bahkan meniadakan kegiatan yang mengundang massa dalam jumlah banyak untuk meminimalkan risiko yang tidak diinginkan.

"Saya minta maaf tadi tidak salaman, bukannya sombong. Di sini juga ada hand sanitizer, rajin-rajin lah digunakan. Kalau sakit pakai masker, kalau enggak sakit tak usah," pungkasnya.

Gubsu juga turut mencoba langsung penggunaan QRIS dengan melakukan scan QRIS donasi ke Masjid Agung Provinsi Sumatera Utara. Harapannya, hal ini dapat mendorong seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk turut menggunakan QRIS dalam transaksi pembayaran non tunai.

Rangkaian acara ditutup dengan penampilan terbaik dari Donnie ex-Adaband dan Lyodra Idol yang membawakan lagu-lagu terbaik masing-masing. Lapangan Benteng gempar, masyarakat Medan turut bersuka cita bernyanyi bersama para idola meramaikan acara Pekan QRIS Nasional 2020 di Sumut.*
Editor : Zizi
Sumber : Bank Indonesia
Kategori : Pemerintahan, Ekonomi, Interaksi, Umum, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
www www