TOBASA-Taruna Polisi Cilik Polres Tobasa pertunjukkan ketangkasan dan kecerdasan mereka dihadapan Inspektur Jenderal Kemendagri DR. Tumpal H.Simanjuntak beserta ribuan penonton dan undangan lainnya dengan meperagakan akasi mereka dalam Baris Berbaris serta menampilkan atraksi 12 Gerakan pengatur Lalulintas.

Sabtu, (14/3/2020) puncak perayaan HUT Kabupaten Toba ke 21 tahun 2020 di lapangan Raja Sisingamangaraja XII Balige dengan tangkas dan lihainya 50 orang Taruna Polisi Cilik Binaan Mako Polres Tobasa yang dikomandoi AKBP, Agus Waluyo, SIK ini mempertotonkan kecakapan serta kekompakan mereka dalam melakukan berbagai gerakan baris berbaris dan 12 geraka pengatur Lalulintas.

Para Taruna Polisi Cilik ini adalah binaan Polres Toba, yang direkrut dari para siswa siswi kelas 3, 4 dan 5 SD Swasta Katolik Sanfrancesco Balige yang dilatih 3 kali dalam 1 Minggu sepulang sekolah dengan giat program dari Polres Toba "Police Go To School".

Giat program "Police Go To School" oleh Kapolres Toba AKB. Agus Waluyo,SIK melalui Kasubbag Humas Aiptu Pol. Khairudin Sukri Yanto menjelaskan, Police Go To School dengan Taruna Polisi Cilik adalah sebagai bina mental dan disiplin anak mulai sejak dini serta beryujuan untuk menanamkan nilai nilai kebangsaan sebagai anak generasi penerus bangsa dimasa depan.

Untuk pelatihan dan pembinaaan setiap hari latihan ke 50 orang Taruna Polisi Cilik ini dibawah bimbingan dan kepelatihan Kasat Lantas Polres Toba dibantu oleh Aiptu B.Perangin angin.para Taruna Polisi Cilik ini dilatih dengan tekun di lingkungan sekolah selama 1 bulan penuh dengan waktu 3vhari dalam satu Minggu dari pukul 14.00 Wib - 16.00 Wib untuk persiapan menyambut dan memeriahkan perayaan HUT Kabupaten Toba sekaligus menyambut penggantian nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba.

"Kami mendidik mereka dengan kasih sayang, perlakuan dalam mendidik seperti itu untuk memupuk etika, kesadaran dan disiplin diri yang akan memiliki ketangkasan, sehingga Kelak mereka bisa menjadi anak yang memiliki Etika dan disiplin diri yang mumpuni," ujarnya.

"Dengan pembinaan dan pelatihan yang mereka dapat dari Taruna Polisi Cilik, akan meningkatkan kecerdasan dan ketangkasan serta menjadikan mereka anak yang kreatif serta akan terhindar dari sifat dan perilaku buruk di era tehnologi yang semakin canggih saat ini.dengan pembelajaran dan pelatihan yang didapat dari Taruna Polisi Cilik akan mampu menjaga dan membatasi dirinya dan terhindar dari pengaruh pergaulan bebas dan Narkoba sebagai musuh utama Negara ini yang menjadi perusak generasi Bangsa," ungkap Aiptu Pol. Khairudin.

Kegiatan Taruna Polisi Cilik Polres Toba ini akan menjadi salah satu wadah pembelajaran dan pengenalan sejak dini tentang Kamseltibcar lantas serta kepada anak anak diberikan pembelajaran akan bahaya Narkoba sehingga kedepannya para anak-anak akan sadar dan terhindar dari bahaya penyalah gunaan Narkoba.

Taruna Polisi Cilik Polres Toba dengan program Police Go To School berusaha mendidik para anak anak usia belia ini mulai dari sejak dini, sehingga mereka nantinya akan terbiasa dengan disiplin dalam berbagai kegiatan, melalui kegiatan ini masing masing anak akan bisa memilih dan menunjukan yang terbaik untuk dirinya di kemudian hari.

Semua yang didapat dari pelatihan Taruna Polisi Cilik, kelak akan sangat berguna untuk masa depan meraka sebagai generasi penerus Bangsa dan Negara kita tercinta ini. Ucap Khairudin menyampaikan pernyataan Kapolres Toba akan tujuan Tarina Polisi Cilik di bentuk.